Sukses

Play-Off IBL 2022: Pelita Jaya dan Prawira Lolos Dramatis ke Semifinal

Liputan6.com, Jakarta- Dua tim unggulan Pelita Jaya Jakarta dan Prawira Bandung lolos dari lubang jarum dan memastikan tiket ke semifinal IBL 2022 dengan dramatis. Kedua tim sama-sama nyaris disingkirkan kuda hitam di gim ketiga play-off IBL 2022 yang berlangsung Selasa (16/8/2022) di GOR C-Tra Arena Bandung.

Dari empat laga play-off, tiga pertandingan harus ditentukan sampai gim ketiga karena sama kuat 1-1. Laga pertama gim ketiga play-off IBL mempertemukan Pelita Jaya dengan tim debutan milik Raffi Ahmad, Rans PIK Basketball.

Pelita Jaya benar-benar harus bekerja keras menghadapi perlawanan Rans. Dimotori Althof Dwira Satrio dan pemain asing Akeem Scott, Rans mengebrak dan merebut kuarter pertama 23-16.

Memasuki kuarter dua, Pelita Jaya bangkit. Tembakan-tembakan tiga angka dari Hendrick Xavi Yonga, Muhammad Hardian Wicaksono dan Muhammad Arighi membuat Pelita Jaya mengejar dan akhirnya bisa berbalik unggul 45-41 saat jeda babak pertama.

Di kuarter tiga, Rans balas dan bisa berbalik unggul setelah pemain senior Oki Wira Sanjaya mengamuk. Tembakan-tembakan tiga angka Oki Wira menghukum Pelita Jaya. Buzzer beater tiga angka Oki Wira membuat Rans menutup kuarter tiga dengan memimpin 10 angka.

Pelita Jaya tak tinggal diam. Mereka langsung gaspol di awal kuarter terakhir. Arighi langsung memangkas jarak berkat four point play. Kemudian Yonga membuat empat poin beruntun lewat dunk dan lay-up.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Prastawa

Dalam kondisi genting, pemain senior Andakara Prastawa muncul sebagai pahlawan Pelita Jaya. Prastawa melepaskan tembakan tiga angka yang jadi momentum kebangkitan Pelita Jaya. Tembakan Pras membuat skor imbang 78-78.

Kemudian kedua tim silih berganti mengejar sehingga terjadi beberapa kali skor imbang. Pelita Jaya kembali unggul lewat tiga angka Yesaya Saudale dan free throw Dior Lowhorn.

Setelah itu Rans tak bisa membalas akibat Scott terlalu terburu-buru dan membuat kesalahan di momen krusial. PJ mengunci kemenangan 93-86 melalui dua lemparan bebas Prastawa.

Prastawa yang hari ini berulang tahun ke 30 bermain luar biasa dengan mencetak 27 angka, 4 rebound, 5 assist dan 3 steal bagi Pelita. Dior Lowhorn mencetak double-double dengan 19 angka dan 13 rebound, mengemas 17 angka dan Yesaya Saudale menyumbang 12 poin.

Oki Wira Sanjaya menjadi pencetak angka terbanyak bagi RANS dengan 21 poin. Althof Dwira Satrio mencatat 14 angka dan Akeem Scott mengemas 12 angka.

3 dari 4 halaman

Prawira

Nyaris serupa dengan Pelita Jaya, Prawira Bandung yang main di depan publik sendiri juga nyaris didepak Dewa United Surabaya sebelum menang 69-65 berkat kegemilangan di kuarter empat.

Dewa United tampil penuh percaya diri di gim ketiga play-off IBL ini. Xaverius Prawiro dan kawan-kawan mampu merebut kuarter pertama dengan cukup telak 20-11.

Meski dapat tekanan penonton, Dewa United terus menjaga keunggulan ini dengan baik. Dewa United bahkan sempat memimpin atas Prawira sampai 13 poin.

Sayangnya Dewa United kecolongan di kuarter empat. Dimotori Yudha Saputera dan pemain asing Kenneth Wormley, Prawira menggila di kuarter empat. Mereka melesakkan 30 poin. Dewa cuma membuat 18 poin di kuarter terakhir.

 

4 dari 4 halaman

Yudha

Yudha menjadi kunci kemenangan Prawira. Saat skor imbang 62-62, Yudha melakukan layup penting. Dia juga dua kali melakukan steal menentukan. Fahdani Guntara mengakhiri perlawanan Dewa dengan three point play.

Yudha memimpin perolehan poin Prawira dengan 19 angka dan lima steal. Wormley menyusul dengan 13 poin. Sedangkan Di Dewa, Ferdian Purwoko finis dengan 14 angka.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS