Sukses

Satria Muda dan Pelita Jaya Dapat Perlawanan Sengit di Gim 1 Play-Off IBL 2022

Liputan6.com, Bandung- Dua kandidat juara IBL 2022 Pelita Jaya Jakarta dan Satria Muda Pertamina dipaksa bekerja keras pada gim pertama play-off IBL 2022. Keduanya baru bisa mengunci kemenangan menit akhir di kuarter keempat.

Babak play-off IBL 2022 resmi dimulai Sabtu (13/8/2022) di GOR C-Tra Arena Bandung. Satria Muda tampil di laga pertama melawan Amartha Hangtuah. SM keteteran menghadapi perlawanan Amartha.

Di awal kuarter pertama SM sempat unggul cukup jauh 16-8. Namun Hangtuah mati-matian mengejar dan bisa menutup kuarter pertama dengan terpaut lima angka saja.

Masuknya Ronnie Boyce dan Gunawan membawa angin segar pada Hangtuah di kuarter dua. Hangtuah bisa menyamakan skor menjadi 27-27.

Bahkan Hangtuah kemudian bisa berbalik unggul. Three points Akmaludin Ragol dan lay up Fisyaiful serta free throw Kelly Purwanto membuat Hangtuah kembali memimimpin 41-36.

Sayangnya Hangtuah kemudian kehilangan center andalannya Anton Waters yang foul trouble. Keluarnya Anton membuat Satria Muda bisa memanfaatkan keadaan. Center SM Elijah Foster tak terbendung di paint area. Foster kembali membuat Satria Muda unggul 48-46 hingga babak pertama usai.

Di kuarter tiga duel kembali seru. Rizal Falconi yang masuk di kuarter tiga berperan penting menjaga keunggulan SM. Rizal membuat lima angka beruntun sehingga SM menutup kuarter tiga 65-63.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sengit

Memasuki kuarter empat, mental juara SM berbicara. Foster dan Arki Dikania Wisnu terus menjaga keunggulan SM. Hangtuah membuang peluang mendekat setelah dua free throw Boyce tak masuk.

Satria Muda mengakhiri laga dengan 88-86 setelah Boyce membuat buzzer beater tiga angka. Boyce tentu bakal meratapi kegagalan dua free thrownya di menit akhir yang akhirnya berperan membuat Hangtuah kalah.

Big man asing Satria Muda, Elijah Johad Foster bermain cemerlang dengan mencatat 31 poin dan 14 rebound. 15 poin dia cetak dari kesempatan 17 kali lemparan bebas. Di sisi lain, Waters hanya bisa membuat satu angka di laga ini.

Youbel Sondakh, pelatih Satria Muda Pertamina, bersyukur timnya bisa meraih kemenangan pada laga pertama IBL Play Off 2022 di C’Tra Arena Bandung, Sabtu 13 Agustus walau dia belum terlalu puas dengan permainan timnya.

“Puji Tuhan bisa menang. Setelah empat bulan akhirnya kami bisa bertanding lagi dalam kompetisi. Permainan anak-anak belum terlalu baik, defense kami belum keluar,” kata Youbel dalam jumpa pers seusai pertandingan.

“Hangtuah bermain luar biasa. Kepercayaan diri mereka tinggi,” puji Youbel kepada lawannya.

3 dari 4 halaman

Rans

Di laga kedua, Pelita Jaya mendapat perlawanan hebat dari Rans PIK Basketball sebelum akhirnya menang 74-55. Pelita Jaya baru bisa meredam Rans di kuarter terakhir.

Dior Alexandros Lowhorn mencetak double-double dengan catatan 23 angka dan 13 rebound. Para pemain muda Pelita Jaya juga membara. Yesaya Saudale mengemas 15 angka dan Hendrick Xavi Yonga memborong 12 poin.

Dari RANS, Akeem Scott mencetak 11 angka, Nuke Tri Saputra menyumbang 13 poin dan Hal Shane Heyward mengemas 11 angka.

Pada kuarter pertama, Pelita Jaya sempat melesat unggul 10-6. Namun Rans pantang menyerah dan bisa menutup kuarter satu dengan imbang 16-16.

 

4 dari 4 halaman

Pemain Muda

Di kuarter kedua, Rans kembali tak membiarkan PJ menjauh. Saat jeda paruh pertama, PJ cuma bisa memimpin satu bola saja 36-34.

Rans menggila di kuarter tiga. Aksi Oki Wira Sanjaya, Valentino Wuwungan dan Akeem Scott membuat Rans bisa berbalik memimpin sebelum dibalas tiga angka Yesaya sehingga skor imbang lagi.

Kuarter ketiga akhirnya ditutup Rans dengan keunggulan 52-51 berkat satu lemparan bebas dari Scott.

Di kuarter penentuan, dua pemain muda Pelita Jaya Yonga dan Yesaya tampil ciamik. Poin-poin krusial disumbangkan keduanya sehingga Pelita Jaya akhirnya bisa menjauh dan mengakhiri perlawanan Rans dengan 74-66.

Yesaya dan Yonga dapat menit bermain banyak setelah pemain andalan Pelita Jaya Reggie Mononimbar mengalami cedera dan tidak bisa main lagi di lanjutan IBL 2022. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS