Sukses

Prediksi Final Piala AFF U-16 Vietnam vs Indonesia: Bisa Yok Tuntaskan dengan Gelar Juara!

Liputan6.com, Jakarta- Timnas U-16 Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam pada laga final Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Jumat (12/8/2022) malam WIB. Indonesia diharapkan bisa menutup turnamen dengan gelar juara setelah tampil fantastis sejak laga perdana.

Pasukan Bima Sakti Tukiman ini belum pernah kalah selama Piala AFF U-16 2022 digelar. Timnas U-16 Indonesia meraih empat kemenangan. Setelah menyapu tiga laga di fase grup, Indonesia baru mendapat perlawanan sengit di semifinal.

Indonesia dipaksa melakoni adu penalti dengan Myanmar setelah pertandingan berakhir imbang 1-1 selama 90 menit. Dia babak adu penalti, performa Indonesia juga luar biasa. Kelima penendang semuanya sukses menunaikan tugasnya. Indonesia menang 5-4.

Pertemuan dengan Vietnam di final akan menjadi ulangan duel di laga pamungkas Grup A. Saat itu Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 2-1 meski sempat tertinggal lebih dahulu di babak pertama lewat eksekusi penalti Nguyen Chong Phuong.

Bima Sakti akan kembali mengandalkan dua pemain depan Arkhan Kaka Putra Purwanto dan Muhammad Nabil Asyura. Keduanya sukses membuat gol ke gawang Vietnam saat menang 2-1 di babak grup.

Performa apik di empat laga awal membuat Indonesia sangat diunggulkan jadi juara. Apalagi Garuda Muda akan bermain di depan puluhan ribu penonton. Kehadiran penonton begitu banyak bakal mempengaruhi mental bertanding pemain U-16 Vietnam. Tentu tak mudah bagi remaja 16 tahun mendapat teror dari penonton yang mencapai puluhan ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Semua Memihak Indonesia

Vietnam sendiri usai dikalahkan Indonesia di fase grup mampu bangkit dengan mengalahkan kandidat juara lainnya Thailand 2-0 pada laga semifinal yang digelar 10 Agustus 2022.

Namun di laga final, Indonesia juga diuntungkan dengan akan absennya dua pemain andalan Vietnam. Kiper Pham Dinh Hai dan striker Hoang Cong Hau tidak bisa diturunkan pada laga puncak.

Dinh Hai mengalami cedera saat melawan Thailand di pertengahan babak kedua. Sedangkan Cong Hau terkena kartu merah di menit akhir laga semifinal Piala AFF U-16 2022 kontra Thailand.

Rekor pertemuan juga memihak Indonesia. Dalam empat duel terakhir di level U-16 sejak tahun 2018, Indonesia selalu bisa mengalahkan Vietnam, termasuk saat laga terakhir fase grup Piala AFF U-16 2022.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Wanti-Wanti Bima Sakti

Meski berada di atas angin, Bima Sakti tak mau jemawa. Eks kapten timnas Indonesia itu meminta Muhamad Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan tak lengah menghadapi Vietnam. Karena segala sesuatu bisa terjadi di final.

"Kami memang sudah mengalahkan mereka, tetapi itu itu tidak menjadi patokan," buka Bima saat jumpa pers, Kamis (11/8).

"Kami sudah menyiapkan taktik tentunya untuk meredam permainan mereka. Pasti mereka juga tidak ingin kalah lagi. Maka dari itu, kami harus lebih fokus, dan bekerja keras serta militan daripada Vietnam."

"Vietnam tim yang bagus, tetapi kami tetap optimistis di final," sambungnya.

Bima meminta anak asuhnya tampil semakin termotivasi di final karena gelar juara akan menjadi kado HUT Republik Indonesia ke-77 yang jatuh lima hari usai laga final..

"Saya meminta kepada para pemain untuk memberikan yang terbaik di final karena kesempatan tidak datang dua kali. Saya berharap mereka mengukir prestasi terbaik untuk karier dan itu akan menjadi hadiah kemerdekaan bangsa Indonesia," tegas Bima seperti dinukil dari situs resmi PSSI, Kamis (11/8/2022).

4 dari 5 halaman

Rekor Pertemuan

Vietnam 2-4 Indonesia U-16 (Fase Grup Piala AFF U-16 2018)

Vietnam 0-2 Indonesia U-16 (Fase Grup Piala AFF U-16 2019)

Indonesia U-16 0(3)-(2)0 Vietnam (Perebutan Juara Ketiga Piala AFF U-16 2019)

Indonesia U-16 2-1 Vietnam (Fase Grup Piala AFF U-16 2022)

5 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain Indonesia

Indonesia: Andrika Fathir Rachman; Rizdjar Nurviat Subagia, Mohamad Andre Pangestu, Muhammad Iqbal Gwijangge, Muhammad Ridho Al Ikhsan; Sulthan Zaky Pramana Putra Razak, Mokh. Hanif Ramadhan, Muhammad Kafiatur Rizky; Muhammad Nabil Asyura, Muhammad Rizki Afrisal, Arkhan Kaka Putra.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS