Sukses

193 Atlet Berprestasi Diangkat Jadi PNS Kemenpora

Liputan6.com, Jakarta- 193 atlet difabel dan non difabel Formasi Olahragawan Berprestasi resmi diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Menpora Zainudin Amali yang sumpah PNS 193 atlet tersebut pada Rabu (10/8/2022).

Dari 193 atlet yang jadi PNS Kemenpora, 57 diantaranya merupakan atlet difabel. Beberapa atlet yang resmi jadi PNS di Kemenpora antara lain jagoan angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan hingga atlet para powerlifting Indonesia, Ni Nengah Widiasih dan atlet para swimming Indonesia, Aris Wibawa.

Pengangkatan 193 atlet sebagai PNS merupakan wujud komitmen pemerintah dan Presiden Joko Widodo kepada para olahragawa. berprestasi di tingkat internasional.

"Ini adalah komitmen pemerintah dan Presiden Joko Widodo, untuk memberikan kesempatan kepada para atlet difabel dan non difabel berprestasi di tingkat internasional baik di SEA Games, Asian Games dan Olimpiade," kata Menpora Amali. 

Indonesia saat ini telah memiliki Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dipayungi Perpres No.86/2011 dan UU No. 11/2022 tentang keolahrgaan. Semua itu menempatkan para atlet posisinya setara dan sama tidak ada yang dibeda-bedakan baik difabel maupun non difabel.

"Jika atlet non difabel mendapat kesempatan untuk menjadi PNS di Kemenpora, atlet difabel ini juga mendapatkan kesempatan yang sama. Itulah komitmen pemerintah, Presiden Joko Widodo. Mudah-mudahan ini dapat terjaga dan akan terus kami kawal dan realisasikam sesuai aturan yang berlaku," ujar Menpora Amali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Dukungan Menpora

Menpora Amali berharap kepada para atlet untuk dapat dengan sungguh-sungguh memegang janji dan sumpah PNS hingga paripurna nantinya.

"Kepada para PNS yang baru diambil sumpah, saya harap saudara-saudara tadi mengucapkan dengan sungguh-sungguh dari hati, dan semua janji harus menjadi pegangan sepanjang saudara berstatus PNS sampai berhenti nantinya posisinya sebagai PNS," urai Menpora Amali. 

Pada kesempatan tersebut Menpora juga meminta para atlet yang sudah diangkat jadi PNS tetap giat berlatih mengejar prestasi internasional. 

"Mudah-mudahan sejarah ini akan menambah semangat. Bangsa Indonesia masih memiliki mimpi yakni Olimpiade dan Paralimpiade 2024. Karena target dalam DBON adalah peringkat Indonesia di tingkat dunia pada setiap olimpiade dan paralimpiade," kata Menpora Amali. 

3 dari 3 halaman

Jangan Khawatir

"Anda semua sebagai atlet lakukan kewajiban sebagai atlet itu. Yang pelatih lakukan kewajiban itu. Sepanjang masih berprestasi membanggakan negara tentu negara masih membutuhkan saudara sekalian," tambah Menpora Amali.

"Jadi, jangan khawatir meski sudah diambil sumpah, kepada para atlet dan pelatih, kami beri kesempatan tetap menjadi atlet yang penting tetap melapor," jelas Menpora Amali.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS