Sukses

Bill Russell Meninggal Dunia, NBA Berduka

Bill Russell meninggal dunia dalam usia 88 tahun pada Minggu, 31 Juli 2022. Legenda Boston Celtics itu pernah memenangkan 11 gelar NBA dalam karier basketnya.

Liputan6.com, Jakarta - NBA tengah berduka. Sosok legendaris Bill Russell meninggal dunia dalam usia 88 tahun pada Minggu, 31 Juli 2022.

Menurut TMZ, Bill Russell sempat dibawa ke rumah sakit pada Jumat (29/7) malam, karena dehidrasi. Namun, pemenang 11 gelar NBA ini akhirnya meninggal dunia dengan tenang di rumahnya dengan ditemani sang istri.

Komisioner NBA Adam Silver menyebut Russell sebagai sosok juara terbaik. "Penghargaan tidak terhitung yang ia peroleh sepanjang kariernya yang gemerlap bersama Boston Celtics, termasuk rekor 11 gelar juara dan lima penghargaan MVP. Hanyalah permulaan dari dampak besar Bill atas liga kita dan masyarakat yang lebih luas," kata Silver di situs resmi NBA.

Russell, di mata Silver, bukan sekadar berbicara di dunia olahraga. Tetapi, juga membela nilai-nilai kesetaraan, penghormatan, dan inklusivitas yang hingga sekarang menjadi DNA NBA.

"Di puncak kariernya, Bill gigih mengadvokasi hak-hak sipil dan keadilan sosial, warisan yang diteruskannya kepada banyak generasi pemain NBA yang mengikuti jejaknya," ucap Silver.

"Bill terus melangkah melewati banyak ejekan, ancaman, dan segala kesulitan tidak terperi yang mengarah kepadanya. Dia tetap setia atas keyakinannya bahwa setiap orang berhak diperlakukan dengan bermartabat," imbuhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan duka

Earvin Magic Johnson mengungkapkan kesedihannya atas meninggalnya Bill Russell. Legenda bola basket Los Angeles Lakers dan Amerika Serikat itu dan istrinya, Cookie, mengirimkan doa untuk Russell.

"Ini adalah kehilangan yang luar biasa untuk seluruh dunia bola basket," tulis Johnson di Twitter. "Cookie dan saya berdoa untuk keluarga Bill dan orang-orang terkasih, keluarga NBA kami, dan seluruh komunitas bola basket."

Kesedihan juga dirasakan aktor Samuel L. Jackson. "Dia memiliki ketawa yang hebat. Dia tanpa kompromi. Dia adalah juara," tulis Jackson. "Dia Pintar. Dia Cahaya. Dia Temanku & Saya Cinta Dia... RIP Mr Bill."

Forward Boston Celtics Grant Williams berterima kasih kepada Russell karena sudah membuka jalan bagi pria kulit hitam untuk bermain di NBA. "R.I.P Bill Russell. Anda mengizinkan saya berada di posisi saya hari ini dan Anda mengubah tidak hanya liga tetapi dunia. Selamanya 6," kata Williams.

Pemain Boston Celtics lainnya Jayson Tatum membagikan foto Russell di Twitter. Dia berterima kasih padanya atas semua yang dia lakukan untuk bola basket dan komunitas kulit hitam.

"Terima kasih untuk semuanya! R.I.P Legend," tulis Tatum.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Lainnya

George Karl berbagai foto Bill Russell saat menghadapi Wilt Chamberlain. Mantan pelatih Sacramento Kings itu menulis: "mereka mengadakan 'reuni epik".

Sementara Skip Bayless meluangkan waktu untuk berbagi pemikirannya tentang Russell. Kolumnis olahraga itu mengatakan tidak ada atlet lain yang berbicara tentang persaingan lebih dari superstar Celtics yang legendaris tersebut.

"RIP Mr. Russell, legenda sejati. Tidak ada superstar kulit hitam yang pernah berbicara lebih berani dan kuat tentang ras," tulis Bayless. "11 kejuaraan. 5 MVP. Satu-satunya. Kebijaksanaan dan tawanya akan dirindukan."

Legenda NBA Michael Jordan memberikan penghormatan kepada Russell melalui pernyataan yang menyentuh hati. "Bill Russell adalah pelopor - sebagai pemain, sebagai juara, sebagai pelatih kepala kulit hitam pertama NBA dan sebagai aktivis," bunyi pernyataan mantan pemain Chicago Bulls dan timnas Amerika Serikat itu.

"Dia membuka jalan bagi setiap pemain kulit hitam yang datang ke liga setelah dia, termasuk saya. Dunia telah kehilangan seorang legenda. Belasungkawa saya untuk keluarganya dan semoga dia beristirahat dalam damai."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.