Sukses

Hasil Piala AFF U-19 2022: Tekuk Thailand Lewat Adu Penalti, Vietnam Amankan Tempat Ketiga

Liputan6.com, Jakarta Thailand dan Vietnam kembali bermain imbang 1-1 pada perebutan tempat ketiga Piala AFF U-19 2022, Jumat (15/7/20220. Akibatnya duel terpaksa ditentukan lewat babak adu penalti yang akhirnya dimenangkan Vietnam dengan skor 5-3.

Bermain di Stadion Patriot Candrabhage, Bekasi, Thailand dan Vietnam yang juga  bermain imbang di penyisihan grup sama-sama berusaha memimpin di awal pertandingan. Namun gol baru tercipta pada menit ke-43. Timnas Thailand berhasil memimpin babak pertama lewat gol yang dicetak Sittha Boonlha.

Namun keunggulan ini tidak bertahan lama. Di babak kedua, Vietnam mampu menyamakan kedudukan lewat keccerdikan Nguyen Quoc pada menit ke-54. Dia berhasil melambungkan bola di atas jangkauan kiper Thailand usai mendapat kesempatan melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti Gajah Perang.

Sejumlah peluang tercipta di sisa babak kedua. Hanya saja, skor 1-1 tidak berubah hingga waktu normal berakhir. Untuk menentukan peringkat ketiga, pertandingan pun terpaksa dilanjutkan lewat adu penalti.

Dalam babak tostosan ini, penendang ketiga Thailand gagal mencetak gol. Tendangannya terlalu lemah sehingga dengan mdauh dibaca kiper lawan. Timnas Vietnam tidak menyia-nyiakan kesempatan. Vietnam akhirnya menang dengan skor 5-3 dan berhak atas peringkat ketiga Piala AFF U-19 2022. 

Di lokasi yang sama, timnas Malaysia akan berhadapan dengan Laos pada perebutan tempat pertama. Laga ini berlangsung mulai pukul 20.00 WIB dan disiarkan langsung Indosiar dan live streaming di Vidio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Vietnam U-19: Cao Van Binh (kiper), Hong Phuc, Van Son, Ha Africa, Bao Long, Duc Viet, Van Tu, Van Khang, Anh Tu, Quoc Dat, Gian Tan

Thailand U-19: Chommaphat Boonloet (kiper), Pornsawan Sankla, Theekawin Chansri , Sittha Boonlha, Kasidit Kalasin, Winai Aimaot, Niphitphon Wongpanya, Thanawat Saipetch, Songkramsamut Namphueng, Nattakit Butsing, Bukkoree Lemdee

3 dari 4 halaman

Ulangan Penyisihan Grup

Sementara itu, skor 1-1 yang diraih Thailand dan Vietnam sepanjang babak normal juga dialami kedua tim saat tampil di laga terakhir penyisihan Grup A. Saat itu, kedua tim juga bermain imbang hingga 90 menit. 

Hasil ini membuat kedua negara akhirnya berbagi tempat di semifinal. Vietnam menjadi juara grup, sementara Thailand ada di urutan kedua. Celakanya, hasil imbang tersebut membuat tuan rumah Timnas Indonesia tersingkir. Meski memiliki poin sama, Garuda Nusantara angkat koper usai kalah head to head.

Vietnam dan Thailand kembali bertemu di tempat ketiga setelah di semifinal sama-sama kalah. Vietnam mengubur mimpi ke final setelah ditekuk Malaysia dengan skor 3-0, Rabu (13/7/2022). Sementara di hari yang sama, timnas Thailand U-19 juga secara mengejutkan kalah dari Laos dengan skor 0-2. 

4 dari 4 halaman

Link Live Streaming Final

Untuk menyaksikan partai final Piala AFF U-19 2022 antara Malaysia vs Laos, Anda bisa mengaksesnya lewat tautan ini. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS