Sukses

Malaysia Masters 2022: Jaga Asa Raih Gelar Juara, The Daddies Ungkap Kunci Sukses Kalahkan Wakil Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta- Ganda putra bulu tangkis Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan terus menjaga asa meraih gelar juara di Malaysia Masters 2022, usai mengalahkan pasangan Tiongkok Ren Xiang Yu/Tan Qiang di babak 16 besar.

Pemain senior berjuluk The Daddies itu mampu mengamankan tiket ke babak perempat final lewat kemenangan rubber game 21–14, 18–21, dan 21–15 dalam pertandingan yang berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur pada Kamis (7/7/2022).

Ahsan/Hendra tak menampik bahwa pertarungan melawan ganda putra asal China bukanlah hal yang mudah. Meski kalah dari segi ranking dan jam terbang, Ren Xiang Yu/Tan Qiang nyatanya mampu mengimbangi permainan wakil Tanah Air.

The Daddies baru berhasil mengakhiri perlawanan usai pertandingan berjalan 49 menit. Pasangan peringkat tiga dunia itu menyebut kemampuan fokus menjadi salah satu kunci penting yang mengantar keduanya melenggang ke babak selanjutnya.

“Puji syukur, Alhamdulillah bisa menang. Pertandingan tadi sebenarnya tidak gampang, lawan juga memberikan perlawanan ketat. Untung kami bermain lebih fokus lagi di gim ketiga dan bisa menang (pada) akhirnya,” ujar Ahsan selepas laga, seperti dilansir dari rilis resmi PBSI.

Lebih lanjut, Posisi lapangan nampaknya juga sedikit memengaruhi permainan kedua pasangan. Di game pertama, The Daddies berada di area menang angin. Hal itu membuat wakil Merah Putih mampu menerapkan strategi serangan yang lebih baik.

Ahsan/Hendra sebenarnya tetap menunjukkan performa solid ketika pindah lapangan. Walau kalah angin, ganda putra bulu tangkis yang pernah duduk di ranking satu dunia itu sempat memimpin perolehan angka hingga kedudukan 15–9.

Sayangnya, pasangan Tiongkok bermain lebih lepas di poin-poin kritis. Mereka tampil lebih menekan hingga mampu mengamankan game kedua lewat keunggulan 21–18.

“Di game kedua, saat kami memimpin, lawan bisa bangkit dan menemukan bentuk permainan terbaik. Mereka bermain lepas dan menyerang. Setelah ketinggalan, mereka malah bisa menekan dan bermain lebih nekat. Kami yang malah tertekan terus dan kalah,” papar Ahsan.

2 dari 4 halaman

Game Ketiga

Memasuki game ketiga, Ahsan/Hendra tak ingin kecolongan lagi. Keduanya kembali memanfaatkan posisi lapangan yang menang angin dengan terus menekan dan menyerang wakil dari Negeri Tirai Bambu sejak awal permainan.

“Karena tidak mau kalah, di game ketiga kita tetap langsung menyerang dan menekan. Tidak memberi kesempatan mereka bangkit dan berkembang,” kisah Mohammad Ahsan.

Strategi ini rupanya sukses membuahkan hasil apik. Ren Xiang Yu/Tan Qiang tak mampu mengembangkan pola permainan dan tampil seganas di set kedua.

Alhasil, The Daddies berhasil menutup game penentu dengan kemenangan 21–15. Capaian tersebut mengantar Ahsan/Hendra melangkah ke babak perempat final turnamen bulu tangkis level BWF Super 500 di Malaysia.

3 dari 4 halaman

Ditantang Wakil China Taipei

Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan selanjutnya bakal ditantang wakil China Taipei di babak perempat final Malaysia Masters 2022. Ganda putra unggulan ketiga turnamen itu dijadwalkan bersua dengan Lu Ching Yao dan Yang Po Han.

Ditinjau dari segi ranking, The Daddies sebenarnya lebih unggul dibanding pasangan China Taipei. Adapun Lu/Yang saat ini masih bertengger di peringkat 24 dunia. Kendati demikian, level permainan ganda putra tersebut tak bisa dianggap remeh.

“Besok kansnya tetap 50–50. Kami harus siap (dari) awal dan fokus. Hari ini, kami bisa beristirahat, makan enak, tidur, dan minum vitamin untuk menghadapi pertandingan besok,” pungkas pemain ganda putra berusia 34 tahun itu.

4 dari 4 halaman

Pemain Lain

Selain Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Indonesia juga meloloskan satu wakil lain di nomor ganda putra Malaysia Masters 2022. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto ikut mendaftarkan namanya di babak delapan besar usai tampil dominan atas wakil Thailand.

Berlaga di Axiata Arena, Kuala Lumpur pada Kamis (7/7/2022), peraih gelar juara Indonesia Masters 2022 ini mampu mengalahkan pasangan dari Negeri Gajah Putih, Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren, lewat permainan straight game 21–14 dan 21–14.

Adapun Fajar/Rian selanjutnya akan berhadapan dengan penggawa tuan rumah, Junaidi Arif/Haikal Muhammad, dalam pertandingan yang berlangsung pada Jumat (8/7/2022).