Sukses

Formula E Jakarta Lancar, Sosok Wanita Ini Jadi Sorotan

Wagub DKI kagum dengan aksi perempuan berbaju kuning yang membantu menjaga sirkuit Formula E Jakarta tetap bersih.

Liputan6.com, Jakarta- Gelaran Formula E Jakarta yang berlangsung di Ancol pada Sabtu 4 Juni 2022 berjalan dengan lancar. Lebih dari 20 ribu penonton memadati sirkuit yang dibangun dalam kurun 54 hari saja.

Pembalap Jaguar Mitch Evan menorehkan sejarah sebagai orang pertama yang menang di Jakarta International Stadium Circuit (JIEP). Pemuda Selandia Baru itu jua tercatat sebagai pertama fastest lap di Formula E Jakarta 2022.

Dibalik kesuksesan dan kelancaran Formula E Jakarta 2022 terdapat sosok pahlawan yang menuai pujian dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Ariza, sapaan akrab Wagub, pada Minggu (5/6/2022) terlihat mengunggah foto seorang wanita berbaju kuning yang bekerja keras memunguti sampah dan membersihkan sirkuit Formula E Jakarta. 

Wanita tersebut dinilai Ariza telah melakukan tugas luar biasa menjaga lingkungan tetap bersih. Unggahan Ariza ini juga sekaligus untuk merayakan hari Hidup Sedunia yang jatuh 5 Juni 2022.

"Video ini ditujukan oleh staf saya saat kami usai dhuhur. Besar keteladanan dari Mbak ini kemarin di lokasi balapan Formula E Ancol. Dia memilih terlibat memastikan lokasi bersih. Terima kasih ya Mbak untuk kerelawanan. Terima kasih juga kepada seluruh warga, organisasi, komunitas dan seluruh elemen telah menjaga lingkungan hidup. Selamat Hari Hidup Sedunia 5 Juni 2022. Hormat kami Ariza," tulis Wagub. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tim Saber

Saat balapan Formula E Jakarta berlangsung, Liputan6.com memang sempat melihat ada pasukannya berbaju kuning yang bertugas membersihkan sampah dan menjaganya sirkuit tetap bersih. Mereka bukanlah petugas kebersihan yang direkrut pengelola. 

Pasukan berbaju kuning ini ternyata merupakan tim Saber (sapu bersih) yang diterjunkan Artha Graha Peduli. Seperti diketahui Artha Graha Grup memang menjadi salah satu sponsor lokal Formula E Jakarta. 

Total ada 200 orang yang diterjunkan sebagai anggota tim Saber. Mereka bertugas memunguti sampah yang tak sengaja tercecar di area pantai, fan zone hingga bangku penonton. 

 

3 dari 3 halaman

Berbagai Titik

Para petugas saber ini ditempatkan di berbagai titik. Pintu Karnaval, pintu akses Bende, sampai arah pintu keluar timur. 

"Dalam setiap acara biasanya orang membersihkan sampah setelah acara selesai. Namun dalam visi-misi AGP kebersihan adalah no 1 karena dengan tempat bersih kita merasa nyaman. Oleh karena itu AGP selalu melakukan kegiatan bersih-bersih saat event berlangsung sampai selesai. Ini merupakan kontribusi kecil AGP untuk masyarakat agar selalu teredukasi pentingnya kebersihan dan menjaga lingkungan hidup yang berkelanjutan," ujar salah satu tim Saber yang enggan disebutkan namanya kepada Liputan6.com

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.