Sukses

4 Pemain Tentukan Masa Depan usai Final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid

Liputan6.com, Liverpool - Para aktor yang tampil pada final Liga Champions 2021/2022 sudah menentukan masa depan. Beberapa memutuskan pergi dan ada juga yang menetap.

Usai gagal membawa Liverpool juara, Sadio Mane dikabarkan memutuskan untuk hengkang musim panas ini. Dia ingin mencari tantangan baru bersama klub lain setelah berada di Anfield sejak 2016.

Menurut pakar transfer, Fabrizio Romano, Bayern Muenchen menjadi klub terdepan pada perburuan jasa pemain berusia 30 tahun tersebut.

Mane dilaporkan telah mengutarakan keinginan pergi kepada petinggi Liverpool. Namun, dia belum bicara ke publik karena fokus ke pertandingan kontra Real Madrid.

Kontrak Mane di Liverpool sebenarnya habis 2023. Dia sudah memperkuat The Reds dalam 51 laga musim ini dan mencetak 28 gol.

Mane bergabung ke Liverpool dari Southampton pada Juni 2016 dengan nilai transfer 34 juta poundsterling. Total dia tampil 196 kali dan mencetak 90 gol. Bersama klub Marseyside tersebut, pemain asal Senegal ini memenangkan enam trofi, termasuk Liga Inggris dan Liga Champions.

Seperti Mane, Marcelo Vieira juga pergi dari Real Madrid karena kontraknya habis. Pemain berusia 35 tahun ini keluar sebagai pemain tersukses sepanjang sejarah Los Blancos dengan 25 trofi.

Bersama Madrid, Marcelo berhasil meraih lima gelar Liga Champions, empat Piala Dunia Antarklub, tiga Piala Super Eropa, enam gelar La Liga, dua trofi Copa del Rey, dan lima Piala Super Spanyol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Modric dan Kroos Bertahan

Di sisi lain, Luka Modric dan Toni Kroos memastikan bakal bertahan di Real Madrid. Romano menyatakan, Modric langsung menandatangani perpanjangan kontrak satu tahun hingga Juni 2023 usai membantu Los Blancos berjaya 1-0 atas Liverpool.

Keputusan gelandang berusia 36 tahun itu kemudian diikuti komentar dari Kroos, yang mengatakan akan melanjutkan karier di Madrid setidaknya dua tahun lagi. Kontrak gelandang asal Jerman berusia 32 tahun itu akan habis pada musim panas 2023 dan hingga kini belum menandatangani kesepakatan baru.

Real Madrid sukses meraih gelar Liga Champions ke-14 setelah menang tipis berkat gol Vinicius Jr pada menit ke-59. Modric dan Kroos kembali membuktikan kelas mereka dengan tampil baik di lini tengah bersama gelandang bertahan asal Brazil, Casemiro yang berusia 30 tahun.

Menjelang pertandingan final, banyak pihak yang meragukan ketiganya dapat mengimbangi permainan Liverpool. Namun, mereka membuktikan diri sebagai salah satu trio gelandang terbaik di dunia.

Modric telah menghabiskan satu dekade di Real sejak pindah dari Tottenham dan berharap dapat pensiun di Santiago Bernabeu. Sementara itu, Kroos bergabung dari Bayern Muenchen pada 2014. Keduanya kini telah memenangkan lima gelar Liga Champions.

Real Madrid sudah mulai mencari gelandang-gelandang muda untuk menjadi pengganti jangka panjang. Los Blancos telah merekrut pemain muda asal Prancis Eduardo Camavinga dari Rennes. Juara Spanyol itu juga dikabarkan sedang berusaha mendatangkan gelandang Monaco, Aurelien Tchouameni jelang dibukanya bursa transfer mendatang.

3 dari 4 halaman

Jalan Final

Real Madrid juara Liga Champions 2021-2022. Los Blancos mengalahkan Liverpool 1-0 pada pertandingan final di Stadion Stade de France, Prancis, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

Gol kemenangan Real Madrid dicetak Vinicius Junior pada babak kedua. Ini menjadi trofi Liga Champions ke-14 untuk raksasa Spanyol tersebut.

Liverpool langsung tampil menekan begitu peluit tanda pertandingan dimulai dibunyikan. Hal ini menyebabkan Real Madrid sulit membangun serangan yang dimulai dari kiper Thibaut Courtois.

Liverpool mendapat peluang mencetak gol di menit ke-15. Tapi, tembakan Mohamed Salah meneruskan umpan Trent Alexander-Arnold masih bisa ditepis Courtois.

Semenit kemudian, Courtois masih bisa mengantisipasi tendangan Thiago Alcantara. Sementara itu, tendangan Alexander-Arnold dari dalam kotak penalti masih melambung jauh di atas mistar gawang.

Liverpool kembali mengancam Real Madrid, kali ini lewat Sadio Mane di menit ke-20. Namun, tendangan Masih yang ditepis Courtois masih membentur tiang gawang. Sedangkan tandukan Salah pada menit ke-34 mengarah tepat ke pelukan courtois

Real Madrid mencoba mengancam di menit ke-36 lewat kerja sama Karim Benzema dan Vinicius Junior. Tetapi, Jordan Henderson dengan sigap menghalau umpan Benzema sebelum ditendang Vinicius di kotak penalti.

Di menit ke-34, Real Madrid sempat mencetak gol lewat Benzema. Tapi, gol itu kemudian dianulir setelah wasit Clement Turpin setelah meminta bantuan VAR dan menyatakan penyerang asal Prancis itu dalam posisi offside.

4 dari 4 halaman

Babak Kedua

Pada awal babak kedua, Real Madrid mencoba mengambil inisiatif serangan. Namun, Liverpool masih uggul dalam penguasaan bola.

Terus diserang, Real Madrid justru bisa mencetak gol di menit ke-59. Umpan mendatang Federico Valverde dengan mudah diceploskan Vinicius Junior yang tanpa kawalan ke gawang Liverpool yang dijaga Alisson Becker. Skor 1-0 untuk Real Madrid.

Liverpool mencoba mencetak gol balasa. Tapi, tendangan melengkung Mohamed Salah di menit ke-64 dengan gemilang ditepis kiper Real Madrid Thibaut Courtois.

Manajer Liverpool Jurgen Klopp memainkan Diogo Jota di menit ke-65. Tiga menit kemudian, sundulan Jota yang diteruskan Salah di samping kanan gawang Real Madrid masih membentur kaki Courtois.

Untuk menambah daya serang, Klopp kemudian juga memasukkan Naby Keita dan Roberto Firmino di menit ke-75. Kedua pemain ini menggantikan Jordan Henderson dan Thiago Alcantara.

Liverpool terus menyerang. Tapi, tendangan Salah yang dibelokkan Jota di menit ke-80 masih bisa diantisipasi Courtois. Kiper asal Belgia itu kembali menggagalkan peluang mencetak gol Salah setelah menghalau tembakan penyerang asal Mesir itu dengan tangan kanannya.

Di menit ke-85, pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti memaikan Eduardo Camavinga untuk menggantikan Federico Valverde karena cedera. Empat menit kemudian, giliran Luka Modrid yang digantikan Dani Ceballos.

Liverpool terus mencoba mencetak gol penyeimbang. Namun, hingga tambahan waktu lima menit tidak ada gol yang tercipta. Real Madrid pun menang 1-0 dan menjadi juara.