Sukses

Final Champions League Liverpool vs Real Madrid: Tanda Tanya 2 Pemain The Reds Terjawab

Liputan6.com, Jakarta - Liverpool bakal menghadapi Real Madrid pada final Liga Champions musim 2021/2022 di Stade de France pada Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

Juru taktik The Reds, Jurgen Klopp, mengungkap kondisi anak asuhnya jelang laga tersebut. Dilansir dari Mirror, pelatih asal Jerman itu mengonfirmasi bahwa Thiago Alcantara dan Fabinho siap tampil di partai puncak kompetisi sepak bola elit Eropa.

Adapun Thiago sebelumnya dikhawatirkan tak bisa berlaga dalam final Liga Champions kontra Real Madrid. Pemain berusia 31 tahun tersebut mengalami cedera kala Liverpool menjamu Wolverhampton Wanderers di pekan terakhir Liga Premier 2021/2022.

Kendati demikian, Thiago sudah kembali berlatih pada Kamis lalu. Eks penggawa Barcelona juga kabarnya akan tersedia untuk pertandingan di Stade de France.

Kondisi serupa dialami oleh Fabinho. Sang pemain internasional Brasil menderita cedera hamstring ketika klubnya berhadapan dengan Aston Villa pada awal bulan ini. Sejak saat itu, Fabinho menepi dari lapangan hijau serta absen di final Piala FA melawan Chelsea.

Akan tetapi, mantan penggawa AS Monaco itu nampaknya sudah pulih dari cedera. Ia ikut serta dalam latihan pada Rabu lalu, dan mengatakan kepada wartawan bahwa dirinya siap bertanding di final Liga Champions.

Mood-nya bagus, (kami) sangat bersemangat (untuk final Liga Champions). (Kondisi) Thiago dan Fabinho nampak baik. Thiago berlatih bersama tim kemarin dan hari ini. Fabinho (juga) berlatih secara normal,” ujar Klopp dalam konferensi pers jelang laga, dilansir dari Mirror.

“Saya tidak tahu bagaimana rasanya jika kami menang (nanti). Saat ini kami sedang dalam mood untuk mempersiapkan pertandingan dan pertarungan yang layak,” sambung manajer yang pernah menukangi Borussia Dortmund itu.

2 dari 3 halaman

Pemain Lain

Selain Thiago dan Fabinho, Joe Gomez juga dilaporkan telah pulih dari cedera. Bek andalan Liverpool Virgil van Dijk pun menyatakan dirinya kini berada dalam kondisi fit.

Sebagai informasi, Van Dijk sempat mengalami cedera saat Liverpool bertanding melawan Chelsea di final Piala FA. Kondisi tersebut membuat sang pemain asal Belanda melewatkan dua pertandingan bersama The Reds di Liga Inggris.

Beruntung skuad racikan Jurgen Klopp tetap mampu menumbangkan lawan-lawannya. The Reds menang 2–1 atas Southampton, lalu menekuk Wolverhampton Wanderers dengan 3–1 di laga terakhir Liga Inggris musim ini.

“Ya, saya baik-baik saja. Tidak ada masalah dan (saya) sangat bersemangat untuk (pertandingan) hari Sabtu,” ujar Van Dijk dalam situs resmi Liverpool.

“Tubuh saya benar-benar menikmati sedikit istirahat setelah memainkan begitu banyak pertandingan, begitu banyak momen menegangkan. Saya pikir, mendapatkan sedikit benturan setelah final Piala FA, mungkin merupakan tanda bahwa tubuh saya perlu istirahat," ujar Van Dijk menambahkan.

Melansir laporan Mirror, Divock Origi bakal jadi satu-satunya pemain Liverpool yang absen di final Liga Champions kontra Real Madrid. Origi mengalami cedera otot jelang pertandingan melawan Wolves. Setelahnya, pemain asal Belgia itu juga tak akan tampil bersama The Reds lantaran kontraknya berakhir pada Juni 2022.

3 dari 3 halaman

Liverpool vs Real Madrid

Liverpool sejatinya memiliki sejarah panjang dengan Real Madrid di Liga Champions. Sang raksasa Spanyol sudah pernah menekuk skuad asuhan Jurgen Klopp dengan 3–1 dalam laga final yang berlangsung di Kiev pada musim 2017/2018.

The Reds pun sempat mencatatkan kemenangan atas Los Blancos di partai puncak Liga Champions. Klub yang bermarkas di Anfield itu mengalahkan Real Madrid dengan 1–0 dalam pertandingan di Paris pada tahun 1981.

“Real Madrid adalah klub paling sukses di Liga Champions. Manajer mereka (Carlo Ancelotti) telah memenangkan (gelar tersebut) tiga kali, kami tidak bisa merasakan pengalaman ini dalam semalam. (Namun), kami juga berpengalaman, mencapai final ketiga dalam lima tahun. Itu spesial,” ujar Jurgen Klopp soal final Liga Champions kontra Real Madrid.

“Itu akan sangat berarti (bagi kami untuk menang), tetapi itulah olahraga. Kami dinilai dari hasil akhir. Jika Anda seorang pesepak bola, Anda (akan) tahu bawa hal yang dilakukan para pemain saya luar biasa,” sambung manajer berusia 54 tahun tersebut.

Sebagai informasi, anak-anak asuh Jurgen Klopp kini tengah berupaya memperebutkan trofi Liga Champions ketujuh bagi Liverpool. Sebelumnya, The Reds diketahui telah mengoleksi enam gelar sepanjang pelaksanaan turnamen.

Sementara itu, Real Madrid akan bersaing mengamankan trofi yang ke-14. Pasukan Carlo Ancelotti telah memastikan tidak ada pemain Los Blancos yang absen di laga tersebut. Gareth Bale dan David Alaba bahkan diikutsertakan dalam pertandingan final Liga Champions kontra Liverpool dini hari nanti.