Sukses

5 Pemain Amerika Selatan Terbaik dalam Sejarah Liga Inggris

Siapa aja sih pemain asal Amerika Selatan yang terbaik dalam 10 tahun terakhir ini?

Liputan6.com, Jakarta Siapa pemain Amerika Selatan terbaik dalam sejarah Liga Inggris? Sebagai liga terbaik di dunia, Liga Inggris merupakan episentrum dari bertemunya pemain sepak bola terbaik di dunia. Baik dari daratan Asia sampai Amerika Selatan.

Yang sering mencuri perhatian adalah bagaimana kiprah fantastis dari pemain sepak bola asal Amerika Selatan di klub-klub top Liga Inggris. Pemain tersebut rerata memiliki peran yang sangat vital dalam kesuksesan klub merengkuh gelar juara di daratan Inggris.

So, siapa aja sih pemain asal Amerika Selatan yang terbaik dalam 10 tahun terakhir ini?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sergio Aguero, Argentina (Manchester City)

Buat penggila Liga Inggris, pasti nggak bakal lupa akan selebrasi gol dari Sergio Aguero. Gol tersebut merupakan momen yang paling ikonik dalam sejarah Liga Inggris. 

Gimana nggak, gol di menit 90+ tersebut mengunci gelar juara Liga Inggris pertama untuk Manchester City dalam 44 tahun terakhir. Selama 10 tahun berkiprah di sana, Aguero juga telah mempersembahkan 13 gelar juara untuk The Citizens. 

Sepanjang karirnya di Manchester City, dia pun tercatat tak pernah sekali pun mencetak kurang dari 10 gol dalam satu musim. Musim terburuk Aguero adalah pada musim 2012-2013 di mana dia hanya mencetak 17 gol di semua kompetisi. Bisa dibilang, nggak buruk banget yha untuk seorang striker.

Total dia telah mencetak 381 gol dalam 674 laga di semua kompetisi yang ia mainkan. Dilansir dari Transfermarkt, ia juga tercatat sebagai pemain asing paling subur di Liga Inggris dengan torehan 260 gol dari 390 penampilan bersama The Citizens.

3 dari 6 halaman

2. Luis Suarez, Uruguay (Liverpool)

Meskipun hanya menghabiskan dua setengah musim di Liverpool, Bintang Uruguay ini berhasil mencetak 82 gol dalam 133 laga untuk The Reds. Terlepas dari segala kontroversi yang dibuatnya, catatan itu membuktikan bahwa Suarez adalah salah satu striker terbaik yang pernah ada di Anfield.

Musim terbaik El Pistolero, julukan Luis Suarez di Liverpool adalah saat di musim 2013/2014. Di musim itu ia berhasil mencetak 31 gol tanpa penalti dalam 38 pertandingan Liga Inggris yang dimainkan. Dengan hasil itu, Suarez merengkuh Golden Boot dan European Golden Shoe.

 

4 dari 6 halaman

3. Carlos Tevez, Argentina (West Ham United, Manchester United, Manchester City)

Kiprah terbaik El Apache, julukan Tevez saat ia menjadi bagian dari skuad setan merah. Didatangkan dari West Ham United, ia berhasil memenangi dua gelar Liga Inggris, satu Piala Liga, Piala Dunia Antar Klub, dan Liga Champions 2008/09.

Sebelum melanjutkan kiprahnya di Liga Inggris dengan pindah ke tetangga berisik mereka, Manchester City, ia berhasil mendapatkan Golden Boot bersama Dimitar Berbatov pada musim 2010/11.

5 dari 6 halaman

4. Antonio Valencia, Ekuador (Wigan Athletic, Manchester United)

Mantan kapten Manchester United ini masuk dalam daftar bek pencipta assist terbanyak di Liga Inggris. Pemain yang sudah gantung sepatu ini telah menorehkan 35 assist dalam 325 penampilan di Liga Inggris.

Dengan jumlah penampilan tersebut, sampai sekarang ia masih memegang rekor sebagai pemain Amerika Selatan dengan penampilan terbanyak di Liga Inggris. Ia juga telah meraih enam trofi bergengsi, termasuk dua gelar juara Liga Premier Inggris, satu trofi Piala FA, dua trofi Piala Liga Inggris, dan satu trofi Liga Europa.

 

6 dari 6 halaman

5. Fernandinho, Brasil (Manchester City)

Musim Fernandinho di Liga Inggris di Manchester City akan berakhir musim panas ini. Dilansir dari Transfermarkt, pemain yang didatangkan dari Shakhtar Donetsk pada 2013, sejauh ini sudah berhasil melakoni 381 pertandingan untuk The Citizens dengan sumbangan 26 gol dan 33 assist.

Sebanyak 11 trofi sudah dimenangi Fernandinho bersama The Citizens, di antaranya empat titel Premier League, satu Piala FA, dan enam Piala Liga. Di samping itu, mungkin ia akan dikenal sebagai pemain asal Brazil yang menerima kartu kuning terbanyak dalam sejarah Liga Inggris.

Itulah deretan 5 pemain asal Amerika Selatan terbaik dalam sejarah Liga Premier. Ada kah salah satunya pemain idola kamu?

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini