Sukses

Piala Thomas dan Uber 2022: Tim Indonesia Latihan Ringan untuk Kembalikan Kondisi

Tim bulu tangkis Indonesia ke perebutan Piala Thomas dan Uber 2022 menjalani latihan perdana di skybridge, Rabu (4/5/2022), setelah tiba di Bangkok, Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Tim bulu tangkis Indonesia ke perebutan Piala Thomas dan Uber 2022 mulai berlatih. Latihan perdana tersebut dilakukan untuk mengembalikan kondisi setelah menempuh perjalanan panjang dari Jakarta menuju Bangkok, Thailand, dengan transit di Manila.

Latihan dilakukan di sekitar Hotel Ibis Bangkok, tempat menginap tim bulu tangkis selama mengikuti kejuaraan beregu bergengsi ini. Semua anggota Skuad Merah-Putih menikmati latihan ringan di Skybridge yang terletak di depan hotel. Tempat penyeberangan ini begitu lapang dan tidak ada lalu lalang.

"Hari ini tim baru menjalani latihan ringan saja di sekitar hotel. Hari ini merupakan latihan pertama setelah tim mendarat di Bangkok, Selasa sore," tutur manajer tim Indonesia Hendro Santoso dalam rilis PBSI yang diterima Liputan6.com, Rabu (4/5).

Usai menginjakkan kaki di Bangkok, para pemain diminta istirahat di kamar dan tidak ada latihan. Maklum, tim yang berangkat dari Jakarta sudah sejak Senin malam ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, untuk terbang ke Manila. Lalu transit sekitar tiga jam dan terbang lagi ke Bangkok.

"Perjalanan termasuk lama. Maka diputuskan kemarin istirahat dan hari ini baru memulai katihan ringan," ujar Hendro.

Menurut pelatih fisik Ari Subarhkah para pemain hanya menjalani latihan ringan. Latihan ini tujuannya untuk mengembalikan kondisi dan koordinasi tubuh para pemain saja usai melakoni perjalanan panjang dari Jakarta menuju Bangkok.

"Otot-ototnya kita kendurkan agar siap untuk menjalani latihan sesungguhnya mulai sore ini atau besok pagi," papar Ari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menyenangkan dan menyegarkan

Kelompok pemain putra dan putri berlatih ringan di skybridge yang menghubungkan dari Hotel Ibis menuju ke Impact Arena, tempat pertandingan perebutan Piala Thomas dan Uber 2022 tersebut. Arena tersebut termasuk begitu lapang dan sepi dari kegiatan warga.

Mereka bisa berlari-lari kecil untuk menempuh jarak tertentu. Juga melakukan aktivitas fisik ringan yang lain, termasuk peregangan yang dilakukan bersama-sama.

"Kita cuma latihan ringan yang menyenangkan dan menyegarkan agar otot-otot pemain yang terasa kaku bisa lebih rileks," kata pelatih fisil Felix Ary Bayu Marta.

"Yang lebih penting pemain menjalani latihan dengan riang hati. Kebersamaan dan kekompakan juga terjalin."

Latihan perdana ini juga tidak lama. Hanya sekitar 90 menit. Namun, itu sudah membuat kondisi pemain lebih segar dan bugar. Pemain pun merasa senang.

"Senang rasanya bisa berlatih lagi setelah kemarin kita istirahat. Tubuh rasanya lebih bugar dan fresh saja," kata Febriana Dwipuji Kusuma, pemain ganda putri.

"Otot-otot kita terasa lebih nyaman. Tidak kaku-kaku lagi setelah hanya duduk di pesawat dari Jakarta, transit dan terbang ke Bangkok," timpal Lanny Tria Mayasari, pemain ganda putri.

Sore ini, tim Indonesia akan berlatih di gym. Letak pusat kebugaran masih berada di kawasan komplek Impact Arena. Dari hotel harus berjalan sekitar 150 meter.

"Baru besok bisa latihan teknik di practice hall yang disediakan panitia," kata pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi.

3 dari 5 halaman

Pertahankan gelar

Piala Thomas dan Uber 2022 akan berlangsung di Bangkok, Thailand. Turnamen bulu tangkis beregu bergengsi ini akan digelar di Impact Arena, 17 sampai 22 Mei.

Tim badminton Indonesia adalah juara bertahan Piala Thomas. Pasukan Merah Putih mengangkat Piala Thomassetelah mengalahkan China 3-0 pada pertandingan final di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, 17 Oktober 2021.

Tiga poin Indonesia disumbang Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Jonatan Christie. Sukses ini mengakhiri penantian Indonesia untuk membawa pulang Piala Thomas ke Tanah Air setelah 19 tahun.

4 dari 5 halaman

Tim Piala Thomas Indonesia

1. Anthony Sinisuka Ginting

2. Jonatan Christie

3. Shesar Hiren Rhustavito

4. Syabda Perkasa Belawa

5. Tegar Sulistio

6. Kevin Sanjaya Sukamuljo

7. Mohammad Ahsan

8. Hendra Setiawan

9. Fajar Alfian

10. Muhammad Rian Ardianto

11. Bagas Maulana

12. Muhammad Shohibul Fikri

5 dari 5 halaman

Tim Piala Uber Indonesia

1. Komang Ayu Cahya Dewi

2. Aisyah Sativa Fatetani

3. Bilqis Prasista

4. Tasya Farahnailah

5. Siti Sarah Azzahra

6. Nita Violina Marwah

7. Febriana Dwipuji Kusuma

8. Amalia Cahaya Pratiwi

9. Jesita Putri Miantoro

10. Lanny Tria Mayasari

11. Tryola Nadia

12. Melani Mamahit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.