Sukses

Timnas Basket 3x3 Petik Pelajaran Penting Setelah Kalah di Asia Pacific Super Quest

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Basket 3x3 Putra memetik pelajaran penting sebelum nantinya akan berjuang membela Indonesia di SEA Games, Hanoi. Mereka tidak mampu memetik satu kemenangan pun di turnamen 3x3 Asia Pacific Super Quest di Kota Santa Rosa, Laguna, Filipina. 

Pada pertandingan yang berlangsung pada 30 April 2022 ini, timnas basket Indonesia harus mengakui tiga kali kekalahan dari Cebu Chooks dari Filipina. 

Dengan hasil ini, Manajer Timnas Basket 3x3, Ferri Jufry mengaku santai dalam menghadapi situasi ini. Diakuinya, banyak pelajaran diambil dari game di Laguna tersebut. 

“Kita mendapatkan pelajaran yang berharga melawan tim-tim yang memang profesional di 3x3. Hasil ini menjadi evaluasi untuk perbaikan di sisa waktu sebelum berangkat SEA Games,” jelas Ferri dilansir dari laman resmi federasi. 

Dia meyakini kekalahan tiga kali beruntun ini tidak akan berpengaruh pada semangat tanding pemain jelang SEA Games di Hanoi nanti. 

“Mereka langsung balik Jakarta. Hasil ini saya pikir tidak akan berpengaruh pada mental bertanding pemain. Sebaliknya mereka akan lebih siap di SEA Games,” pungkasnya.

2 dari 3 halaman

Penampilan Timnas 3x3 di Asia Pacific Super Quest

Ajang Asia Pacific Super Quest yang dilaksanakan di kota Santa Rosa, Laguna ini memang merupakan ajang persiapan terakhir timnas basket 3x3 putra untuk menghadapi SEA Games Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei mendatang. 

Sandy Ibrahim Aziz dan kawan-kawan tergabung dalam grup B dan mengawali pertandingan game dengan kekalahan 12-21 melawan Cebu Chooks dari Filipina. 

Mereka tidak dapat mengembalikan keadaan pada pertandingan kedua saat melawan klub Filipina, Butuan Chooks dengan skor 20-21.

Setelah dua pertandingan, giliran klub asal Mongolia, Sansar MMC Energy yang juga berhasil menekuk Tangerang yang merupakan nama timnas Indonesia di ajang Asia Pacific Super Quest dengan kedudukan 12-15. 

3 dari 3 halaman

Prestasi Baik di SEA Games 2019

Pada SEA Games 2019, tim basket 3x3 Indonesia harus mengakui keunggulan 17-19 dari Vietnam di babak penyisihan grup. Namun, Indonesia yang menurunkan pemain-pemain lokal itu mampu membalas kekalahan dengan menyingkirkan Vietnam di babak empat besar dengan skor 20-18 untuk melaju ke final. 

Di babak final, Timnas Basket 3x3 Indonesia harus mengakui kegigihan dari tim tuan rumah Filipina yang mayoritas diperkuat pemain keturunan Filipina-Amerika. 

Penulis: Jesslyn Koesman