Sukses

Ogah Balik ke MU, Wayne Rooney Tolak Jadi Staf Pelatih Erik ten Hag

Legenda Manchester United (MU) Wayne Rooney kabarnya sempat diberi tawaran informal untuk menjadi staf pelatih Erik ten Hag di Old Trafford. Juru taktik Derby County itu menegaskan dirinya tak akan hengkang dari The Rams, kecuali mendapat posisi nomor satu di klub.

Liputan6.com, Jakarta - Legenda Manchester United (MU) Wayne Rooney menolak kesempatan untuk menjadi bagian dari staf pelatih Erik ten Hag di Old Trafford. Pria berusia 36 tahun ini memilih tinggal di Derby County ketimbang balik ke sang raksasa Liga Inggris.

Dilansir dari Metro, Erik ten Hag dikonfirmasi sebagai manajer permanen baru Setan Merah setelah menandatangani kontrak tiga tahun, yang akan membuatnya duduk di kursi panas MU hingga Juni 2025 mendatang.

Adapun MU kabarnya tengah mengumpulkan kandidat untuk menyusun staf kepelatihan baru. Para anggota yang telah berkiprah sejak era kepemimpinan Ole Gunnar Solskjaer bakal angkat kaki dari Old Trafford demi memberi ruang bagi orang-orang pilihan Ten Hag.

Laporan The Athletic mengeklaim mantan kapten sekaligus pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub Wayne Rooney, sejatinya masuk dalam daftar calon staf pelatih anyar Ten Hag di Setan Merah.

Eks pemain asal Inggris itu diusulkan secara informal untuk mengambil jabatan di Old Trafford. Namun, Rooney menolak tawaran tersebut. Menurut Metro, sang legenda mengaku hanya akan meninggalkan Derby County jika ia mendapat posisi nomor satu di klub.

Sebagai informasi, klub asuhan Wayne Rooney saat ini sedang berada dalam kondisi kurang baik. The Rams terdegradasi dari Championship–Divisi 2 Liga Inggris–menuju ke Divisi 3.

Terlepas dari hal itu, Rooney tetap menerima pujian atas usahanya di Derby County. Ia diprediksi bakal tetap menangani The Rams musim depan, meski sempat dikaitkan dengan posisi di Burnley serta diundang ke wawancara Everton pasca pemecatan Rafa Benitez pada awal tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Saru-satunya

Rooney bukanlah satu-satunya legenda yang ingin dipulangkan pada masa pemerintahan Erik ten Hag di Old Trafford. Eks pemain asal Belanda, Robin van Persie, juga sebelumnya santer dikaitkan dengan juru taktik Ajax Amsterdam itu.

Laporan menyebut Erik Ten Hag sempat menggelar pembicaraan dengan Van Persie terkait potensi kepulangannya ke Setan Merah. Adapun Van Persie merupakan sosok yang sempat menghabiskan tiga tahun dalam karier sepak bolanya bersama MU.

Ia sukses mengantar Setan Merah meraih gelar Liga Inggris pada 2013, usai pindah dari Arsenal melalui kesepakatan senilai 22 juta poundsterling. Rekor apik Van Persie bersama MU nampaknya menjadi alasan kuat di balik munculnya minat Erik ten Hag terhadap sang legenda.

Apalagi, mantan juru taktik Utrecht itu memang berniat mendatangkan sosok yang berpengalaman dengan MU, layaknya Van Persie. Sayangnya, Van Persie saat ini sudah memegang jabatan di skuad U-16 Feyenoord. Laporan Metro pada Kamis (21/4/2022) juga mengeklaim pria berusia 38 tahun tersebut dikecualikan dari daftar lantaran tidak memperoleh izin kerja.

3 dari 4 halaman

Mitchell van der Gaag dan Erik ten Hag

Di sisi lain, Mitchell van de Gaag masih menjadi nama yang diyakini bakal bergabung dengan Erik Ten Hag di Old Trafford. Ia merupakan asisten pelatih yang bekerja sama dengan manajer berkepala plontos itu di Ajax Amsterdam.

Sebagai informasi, Van der Gaag sempat mengalami serangan jantung di pinggir lapangan kala menangani Belenenses pada September 2013. Kondisi tersebut membuatnya mendapat implan defribrilator–perangkat yang juga dipasangkan pada Christian Eriksen usai insiden Euro 2020.

Meski demikian, Van der Gaag nampaknya kini berada dalam kondisi stabil. Ia rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan telah menjadi sosok yang berpengaruh bagi kesuksesan Ten Hag di Johan Cruyff Arena. Laporan Mirror menyebut Ten Hag sudah mengungkapkan niatnya kepada pihak klub untuk memboyong Van der Gaag ke MU.

4 dari 4 halaman

Situasi MU

Dilansir dari Metro, MU tengah menghadapi situasi sulit sejak Sir Alex Ferguson berhenti dari jabatannya hampir satu dekade silam. Setan Merah telah menjalani lima tahun tanpa trofi serta mempekerjakan dan memecat lima manajer.

Musim ini, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan pun belum mampu mengamankan posisi empat besar. Skuad MU terlempar ke peringkat enam klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 54 poin, terpaut tiga angka dari Tottenham Hotspur yang menduduki top four.

Klub yang ditukangi oleh Ralf Rangnick itu juga baru saja menelan kekalahan telak 0–4 dari Liverpool di Liga Inggris pada Rabu (20/4/2022). Adapun gol-gol The Reds disarangkan oleh Luis Diaz (‘5), Mohamed Salah (’22 & ’85), serta Sadio Mane (’68).

MU selanjutnya harus menghadapi Arsenal yang juga tengah berebut tempat di empat besar. Setan Merah bakal bertandang ke markas The Gunners dalam laga lanjutan Liga Inggris yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (23/4/2022) malam WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah
    Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah

    Ole Gunnar Solskjaer

  • Erik ten Hag