Sukses

Bola Ganjil: Kakak Beradik Penyumbang Gol Timnas

Kakak beradik pada panggung internasional jadi salah satu cerita unik di sepak bola. Salah satunya menyangkut Gudjonsson bersaudara.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah banyak kakak beradik hadir panggung sepak bola. Kehadiran mereka memberi warna baru di lapangan hijau.

Terlebih jika mereka membukukan prestasi unik. Seperti Milutinovic bersaudara. Mereka bersinar lewat caranya masing-masing.

Milutinovic paling dikenal di dunia barangkali sang bungsu Velibor atau sapaan akrabnya Bora. Punya pengertian strategi mendalam, dia sukses membawa lima negara berbeda ke Piala Dunia secara beruntun sebagai pelatih.

Kakak pertamanya adalah Milos yang dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik dari Yugoslavia, terutama dari posisi sayap. Sementara anak tengah Milorad beroperasi di lini belakang. Dia membela negaranya pada Piala Dunia 1958 serta memperkuat Partizan Belgrade hampir di 200 kali.

Fakta unik lain hadir terkait aksi kakak beradik pada panggung internasional. Salah satunya adalah mereka yang mampu mencetak gol bagi timnas sepak bola.

Di sini Gudjonsson bersaudara layak dikedepankan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Kakak Beradik dan Saudara Tiri

Gudjon Thordarson memiliki tiga putra bernama Thordur, Bjarni, dan Johannes. Ketiganya memiliki saudara tiri Bjorn Bergmann Sigurdarson. Seluruhnya sudah menyumbang gol bagi Islandia.

Kakak tertua Thordur membuat 13 gol dari 58 penampilan pada periode 1993-2004. Adiknya Bjarni menciptakan satu dalam 23 partai d kurun 1997-2010. Sedangkan si bungsu Johannes juga membuat satu gol di 34 caps selama 2001-2007.

Bjorn juga mencetak satu gol hasil 17 pertandingan. Namun, dia berpotensi menambah koleksi karena masih aktif bermain.

 

3 dari 3 halaman

Luksemburg dan Tahiti

Sedikit kalah jumlah dari Gudjonsson bersaudara, keluarga Thill dan Tehau memiliki tiga kakak beradik yang mencetak gol bagi timnas.

Vincent, Sebastien, dan Olivier Thill melakukannya bagi Luksemburg. Vincent dan Olivier jadi paling subur dengan masing-masing menyumbang dua, dengan Sebastien tertinggal satu angka. Meski begitu, kondisi masih bisa berubah karena masing-masing masih merumput.

Sementara Alvin, Lorenzo, dan Jonathan Tehau sudah mencatat gol untuk Tahiti. Si kembar Alvin (9) dan Lorenzo (7) memimpin atas Jonathan (5).

Namun, Tehau bersaudara menorehkan prestasi unik lain berupa membuat gol di laga sama. Momen ini terjadi saat Tahiti melawan Samoa pada Piala Oceania, 1 Juni 2012.

Lorenzo membukukan quattrick. Sementara Alvin dan Jonathan masing-masing menciptakan dua gol. Kontribusi mereka membantu Tahiti pesta gol 10-1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.