Sukses

Hockey Jawa Barat Siap Pertahankan Juara Umum di PON XXI 2024

Syahrir mengaku sudah mempersiapkan berbagai program guna menjawab tantangan tiga medali emas di PON XXI tahun 2024.

Liputan6.com, Jakarta Federasi Hockey Indonesia (FHI) Jawa Barat siap mempertahankan titel juara umum pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 yang akan digelar di Sumatera Utara.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum Federasi Hockey Indonesia (FHI) Jawa Barat masa bakti 2022-2026, Sjahrir usai terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) FHI Jabar di Hotel Santika, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Minggu (17/4/2022) malam.

Anggota DPRD Jabar periode 2019-2024 itu terpilih pada Musprov yang diikuti 20 pengcab FHI Kota/Kabupaten dari 21 kota/kabupaten sebagai calon tunggal.

Syahrir pun mendapat dukungan penuh hampir dari semua perwakilan pengcab yang hadir sehingga secara aklamasi ditetapkan sebagai Ketua Umum FHI Jabar 2022-2026 menggantikan Dwi Jati Utomo yang telah habis masa baktinya.

Syahrir mengaku sudah mempersiapkan berbagai program guna menjawab tantangan tiga medali emas di PON XXI tahun 2024. Program kerja tersebut telah disusun dan dijabarkan dalam visi misi sebelum dia maju sebagai calon Ketua Umum FHI Jabar 2022-2026.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sumber Daya Manusia

"Salah satu upaya yang akan kami lakukan yakni dengan meningkatkan kualitas SDM, tidak hanya atlet dan pelatih tapi juga seluruh komponen dalam olahraga hockey. Kami juga akan menggelar berbagai pelatihan-pelatihan yang lebih maksimal serta kompetisi-kompetisi yang berjenjang, berkesinambungan, dan berkualitas," tegas Syahrir.

Legislator Komisi I DPRD Jabar ini pun akan berupaya mencari solusi terkait berbagai hal yang menjadi kendala selama ini, mulai dari ketersediaan sarana prasarana hingga dari sisi anggaran.

3 dari 5 halaman

Solusi

"Untuk sarana prasarana, memang belum semua kota/kabupaten memiliki sarana prasarana yang memadai dan kami akan coba mencari solusi terbaik sehingga setiap kota/kabupaten bisa mengembangkan potensi atlet serta olahraga hockey dengan lebih baik," ucap Syahrir.

Dari sisi kompetisi, Sjahrir mengaku akan mempersiapkan program kejuaraan berjenjang sehingga para atlet bisa terus mengasah dan menguji hasil latihan yang dilakukan. Yang terdekat yakni dengan mempersiapkan pelaksanaan pertandingan hockey di ajang Porprov Jabar XIV yang rencananya digelar pada November 2022.

"Kami akan lakukan persiapan yang matang untuk Porprov Jabar 2022 sehingga bisa melahirkan potensi-potensi baru atlet hockey andal. Karena ini bisa menjadi modal awal untuk mencapai target selanjutnya yakni meningkatkan raihan prestasi di PON XXI tahun 2024 nanti," ujar Syahrir menegaskan. 

4 dari 5 halaman

Target Lain

Di luar pembinaan dan prestasi, pihaknya pun lanjut Sjahrir memiliki target lain yakni dengan membentuk kepengurusan FHI di seluruh kota dan kabupaten di Jabar.

"Saat ini kami baru memiliki 21  kepengurusan FHI kota/kabupaten. Tinggal lima kota dan kabupaten lagi yakni Kota Depok, Kota Banjar, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Kuningan. Dengan kehadiran pengcab di 26 kota dan kabupaten, pasti akan mendorong perkembangan dan prestasi olahraga hockey di Jabar," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum FHI sebelumnya, Dwi Jati Utomo berharap FHI Jabar di bawah pimpinan Sjahrir mampu mempertahankan titel juara umum pada PON XXI 2024 nanti.

Seperti diketahui pada gelaran PON di Papua tahun 2021 lalu, Jabar berhasil mengawinkan gelar juara di kategori hockey indoor.

Pada laga yang digelar di lapangan Hoki Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Papua, 4-12 Oktober 2021, Jabar berhasil menggondol 2 medali emas dan 2 perunggu.

5 dari 5 halaman

Tak Maksimal

"Saya sangat berterimakasih kepada seluruh pengcab FHI kota/kabupaten yang telah memberikan kepercayaan untuk memimpin FHI Jabar dalam empat tahun terakhir dengan capaian mempertahankan juara umum PON, termasuk dari seluruh jajaran pengurus FHI Jabar 2018-2022 dan atlet," tegas Dwi Jati Utomo.

"Sekarang sudah saatnya saya menyerahkan estafet kepemimpinan di FHI Jabar karena saya merasa tidak akan bisa maksimal untuk meneruskan kembali dan H. Syahrir telah terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum yang baru," tambah Ketua Umum FHI Jabar masa bakti 2018-2022 itu.

Pada PON XX di Papua lanjut Dwi Jati Utomo, cabor hockey Jabar berhasil mengawinkan medali emas indoor. Bahkan ada peluang juga di outdoor atau lapangan terutama di kelompok putra.

"Semoga di bawah kepemimpinan Pak Syahrir, FHI Jabar bisa meningkatkan prestasi di PON XXI tahun 2024 di Sumut dengan merebut tiga medali emas. Itu tantangan bagi FHI Jabar 2022-2026 dibawa kepemimpinan Pak Syahrir," kata Jenderal Bintang Dua ini.

Tak hanya dari sisi prestasi, Dwi Jati juga berpesan kepada penerusnya agar memilih sosok pengurus yang memiliki komitmen dan dedikasi tinggi untuk mengembangkan serta meningkatkan prestasi olahraga hockey di Jabar.

"Untuk kepengurusan tidak perlu banyak-banyak, yang penting efektif dan efisien. Semua jajaran bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing, job desk nya jelas. Dan yang terpenting, bagaimana bisa mensejahterakan para atlet," ungkap Dwi Jati Utomo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.