Sukses

Selain Jack Wilshere, Ini Transfer 4 Pemain Liga Inggris Paling Mencengangkan Sepanjang Sejarah

Simak daftar empat pemain Liga Inggris dengan kepindahan paling mengejutkan melalui artikel berikut!

Liputan6.com, Jakarta - Liga Inggris merupakan salah satu kompetisi domestik yang paling diminati di kancah sepak bola dunia. Deretan pemain yang pernah berkiprah di klub-klub Inggris umumnya punya reputasi baik dan menjadi incaran liga domestik populer lainnya.

Namun, tak menutup kemungkinan ada pemain Liga Premier yang memutuskan untuk melanjukan karier di liga yang kurang mencolak. Beberapa di antaranya bahkan membuat penggemar tercengang dan bertanya-tanya.

Kondisi serupa terjadi pada Jack Wilshere. Setelah menganggur selama hampir setahun, eks penggawa Arsenal ini akhirnya mengumumkan kepindahannya ke klub Liga Super Denmark, Aarhus Gymnastikforening.

Wilshere sejatinya pernah ikut berlatih dengan The Gunners di masa pencarian klub baru. Hal itu membuat pemain berusia 30 tahun ini digadang-gadang bakal kembali memperkuat tim yang membesarkan namanya di awal karier sepak bola.

Akan tetapi, laporan Daily Star mengeklaim Wilshere tak kunjung menerima tawaran dari Mikel Arteta. Alhasil, dirinya memilih hengkang ke Denmark dan membela AGF.

Wilshere bukanlah satu-satunya pemain Liga Inggris yang mencatatkan kepindahan tak terduga. Sejumlah bintang lain juga diketahui pernah bertolak ke liga asing dengan berbagai alasan, mulai dari mengembalikan performa hingga mencari tantangan baru.

Simak daftar empat pemain Liga Inggris dengan transfer paling mengejutkan, seperti dilansir dari Daily Star!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Daniel Sturridge

Daniel Sturridge merupakan pemain yang cukup sukses ketika berlanglang buana di kancah sepak bola Inggris. Ia tercatat telah mengoleksi 76 gol dalam 218 penampilan bersama Manchester City, Chelsea, Bolton, Liverpool, dan West Brom sejak 2006 hingga 2018.

Pemain berusia 32 tahun itu juga sukses membukukan delapan gol dari total 26 pertandingan bersama Inggris, tetapi memutuskan mengambil langkah baru dalam kariernya dengan pindah ke klub Turki Trabzonspor pada 2019.

Setelah membuat tujuh gol dalam 17 penampilan, Surridge akhirnya hijrah ke Australia dan bergabung dengan Perth Glory. Ia baru saja mencatatkan laga debutnya melawan Adelaide United pada 20 November lalu.

3 dari 5 halaman

2. Aaron Lennon

Aaron Lennon merupakan salah satu winger terbaik di Liga Premier selama menjalani karier di Tottenham pada periode 2005–2015. Ia juga sukses mencatatkan 21 penampilan di level internasional bersama Timnas Inggris.

Lennon lantas bertolak dari Tottenham ke Everton. Ia juga sempat menghabiskan tiga musim di Burnley, sebelum akhirnya membuat kepindahan tak terduga ke klub Turki Kayserispor. Lennon mencatatkan 36 penampilan di Super Lig, lalu kembali ke Turf Moor pada musim panas.

4 dari 5 halaman

3. Joe Cole

Joe Cole meraih popularitas di kancah sepak bola Inggris ketika dirinya membela West Ham pada 1998. Ia kemudian hijrah ke Chelsea sepanjang periode 2003–2010 dan berhasil memenangkan tiga gelar Liga Premier serta tiga piala domestik.

Pindah ke Liverpool pada 2010, karier Joe Cole tak berjalan sesuai rencana. Ia memutuskan mencari tantangan di tempat lain dan berlabuh di Lille. Ia sempat bermain bersama Eden Hazard dan mencetak sembilan gol di semua kompetisi, sebelum kembali ke West Ham pada musim berikutnya.

5 dari 5 halaman

4. Robert Pires

Robert Pires dikenal sebagai ikon penting di Liga Premier berkat kesuksesannya memenangkan dua gelar bersama Arsenal di bawah asuhan Arsene Wenger. Ia memutuskan untuk hijrah ke Villarreal pada 2006, berpindah ke Aston Villa pada 2010, lalu mengakhiri kariernya setahun kemudian.

Akan tetapi pada 2014, Robert Pires secara mengejutkan kembali bermain di Liga Super India bersama FC Goa. Ia mencetak satu gol dari total delapan penampilan, sebelum akhirnya memilih gantung sepatu secara permanen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.