Sukses

Dewa United dan Amartha Hangtuah Sapu Bersih IBL Seri I

Liputan6.com, Jakarta- Dewa United Surabaya dan Amartha Hangtuah Jakarta menyusul jejak Pelita Jaya Bakrie menyapu bersih IBL Tokopedia 2022 Seri I. Dewa dan Hangtuah meraih kemenangan di hari terakhir Seri I pafa Sabtu (22/1/2022).

Dewa United menghajar Indonesia Patriots 71-44 di Hall Basket Senayan. Indonesia Patriots merupakan timnas muda Indonesia yang diikutkan di musim reguler IBL 2022.

Kevin Moses Poetiray menjadi bintang di laga melawan Patriots dengan mencetak 19 poin, empat rebound, dan dua assist. Disusul Kaleb Ramot Gemilang yang mengemas 15 poin, tiga rebound, dan dua assist.

"Tentu saja menjadi modal, apalagi kita tim baru, terus banyak perombakan pemain juga. Tapi bersyukur kita bisa menunjukkan kalau kita tuh ready menghadapi lawan-lawan," ujar Kaleb.

Sementara itu Hangtuah menang atas Tangerang Hawks 76-64. Ini menjadi kemenangan keempat pasukan AF Rinaldo di empat laga awal IBL 2022

Pemain asing Laquavius Cotton menjadi bintang kemenangan Hangtuah dengan 27 poin dan 11 rebound. Fisyaiful Amir menyusul dengan 13 poin dan delapan rebound.

 

2 dari 3 halaman

Kejutan Hangtuah

Kesuksesan Hangtuah ini cukup mengejutkan. Mereka musim lalu terpuruk di IBL 2021. Perubahan pun tak terlalu besar di musim ini. Salah satunya dengan masuknya AF Rinaldo sebagai pelatih kepala.

Melihat sepak terjang Amartha Hangtuah musim ini yang amat berbeda dengan tahun lalu, wajar apabila banyak yang berpendapat bahwa coach Inal memegang peranan penting dalam perubahan tersebut. Hal itu setidaknya diutarakan Gunawan yang kini menjabat kapten tim.

"Kami menjadi lebih tahu komposisi dari masing-masing pemain dalam permainan. Selain itu, dari sisi defense, kami semakin baik dan rapi," tutur kapten tim Gunawan.

3 dari 3 halaman

Divisi Putih Berjaya

Praktis tiga tim yang sukses menyapu bersih Seri I IBL 2022 berasal dari Divisi Putih. Sedangkan tim Divisi Merah semuanya sudah menelan kekalahan.

Catatan menarik lainnya, tim Divisi Putih semuanya sudah merasakan kemenangan. Dua tim Divisi Merah yakni Bima Perkasa Jogjakarta dan Bumi Borneo Pontianak hingga berakhirnya Seri I belum pernah meraih kemenangan.