Sukses

Digelar dengan Penonton, IBL Seri Pertama Nihil Kasus Covid-19

Belum ditemukan kasus Covid-19 meski IBL Seri I sudah bisa dihadiri penonton.

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi bola basket tertinggi di Indonesia, IBL sukses menggelar pertandingan Seri I dengan kehadiran penonton. Luar biasanya, hingga dua hari jelang berakhirnya Seri I nihil kasus Covid-19.

IBL Tokopedia 2022 dimulai pada 15 Januari 2022 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan. Seri I berlangsung sampai 22 Januari 2022. IBL 2022 diikuti 16 tim profesional.

Pada seri pertama ini, penonton sudah diperbolehkan menyaksikan langsng di Hall Basket GBK. Hanya 500 penonton yang diizinkan hadir.

Meski sudah dihadiri penonton, IBL 2022 , tidak ditemukan indikasi Covid-19 pada atlet dan perangkat pertandingan. Protokol kesehatan ketat jadi kuncinya.

Tes sudah dilakukan dua kali. Pertama ketika semua personel masuk ke dalam hotel sebelum kompetisi berlangsung dan yang  kedua dilakukan pada hari kelima seri pertama IBL Tokopedia 2022 yakni hari Kamis (19/1/2022)).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tes Menyeluruh

"Kami telah melakukan PCR dan skrining kepada semua yang terlibat. Alhamdulillah seluruh panpel dan tim baik di zona 1 maupun zona 2 hasilnya zero case. Permulaan yang bagus dalam mengawali kompetisi" kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah.

Total jumlah yang dites adalah 543 orang dengan perincian 509 orang berada pada zona 1 dan 34 orang ada di zona 2. 16 tim, petugas pertandingan, wasit dan jurnalis semua menunjukkan hasil negatif. "Terima kasih kepada semuanya yang telah berhasil menjaga #LigaKita," ujat Junas.

Para penonton yang hadir di arena juga diwajibkan sudah menjalani tes antigen 24 jam sebelum menonton langsung.

3 dari 3 halaman

Ogah Terlena

Meski masih nihil kasus Covid-19 hingga 21 Januari 2022 pagi WIB, IBL tak mau terlena. Junas berharap semua pihak yang terlibat tak lengah dan abai terhadap protokol kesehatan.

"Kita harus tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan. Kondisi dan perkembangan Covid-19 belum sepenuhnya aman," jelasnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.