Sukses

Ada Mohamed Salah hingga Thomas Partey, Ini 5 Pemain Top yang Tampil di Piala Afrika 2021

Simak lima nama pemain top dunia yang bakal tampil di Piala Afrika 2021 dalam artikel berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Afrika 2021 sudah bergulir. Turnamen sepak bola bergengsi bagi negara-negara di bawah naungan Federasi Sepak Bola Afrika (CAF) ini menunjuk Kamerun sebagai tuan rumah.

Dilansir dari Sporting News, Piala Afrika jadi salah satu ajang paling dinanti berkat kehadiran sejumlah bintang lapangan hijau populer. Pasalnya, banyak pesepak bola dari negara-negara Afrika yang sukses berkarier di Eropa.

Tak heran jika turnamen yang digelar setiap dua tahun sekali itu kerap membebani klub-klub papan atas. Mereka mau tak mau harus merelakan pemain andalannya absen memperkuat tim demi membela negara.

Situasi ini tengah dirasakan oleh raksasa Liga Inggris, Arsenal. Manajer Mikel Arteta bahkan berniat mendatangkan gelandang baru ke Emirates untuk menggantikan Thomas Partey dan Mohamed Elneny yang bermain di Piala Afrika.

Di samping dua nama tersebut, sejumlah pemain penyerang, bek, kiper, dan jagoan lini tengah lainnya juga ambil bagian dalam turnamen ini. Beberapa pemain bahkan tak hanya datang dari Liga Premier, tetapi juga Serie A, Ligue 1, dan Eredivisie.

Simak nama-nama pemain populer yang bakal tampil di Piala Afrika 2021 pada halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mohamed Salah (Mesir)

Mohamed Salah jadi sosok yang amat ditunggu-tunggu di Piala Afrika edisi ini. Pemain berusia 29 tahun tersebut dikenal sebagai mesin pencetak gol bagi Liverpool. Ia bersama klubnya kini bertengger di peringkat tiga klasemen sementara Liga Inggris.

Sejumlah pihak berharap performa apik Salah bersama The Reds bakal ikut terbawa kala membela negaranya di Piala Afrika. Melansir Sporting News, Salah sejauh ini telah berhasil membukukan 45 gol dari 74 penampilan internasional yang dilakoni.

3 dari 7 halaman

2. Riyad Mahrez (Aljazair)

Riyad Mahrez merupakan salah satu pemain terbaik yang dimiliki sang juara bertahan, Aljazair. Ia didapuk sebagai kapten Timnas Aljazair di Piala Afrika 2021.

Mahrez memang memiliki performa gemilang, baik di level internasional maupun level klub. Dikutip dari Sporting News, pemain berusia 30 tahun ini berhasil membuktikan dirinya sebagai sosok penting di skuad Manchester City musim ini.

Mahrez bersama klubnya bahkan tengah bertengger nyaman di puncak klasemen Liga Premier dengan torehan 53 poin, unggul 10 angka dari Chelsea yang menempati posisi kedua. Adapun di kancah internasional, Mahrez sukses mencetak gol kritis di akhir semifinal Piala Afrika 2019.

Eks pemain Leicester City tersebut telah membukukan 26 gol dari 70 laga internasional. Performa gemilang Mahrez diharapkan masih berlanjut di Piala Afrika edisi ini, demi memuluskan ambisi Aljazair untuk mempertahankan gelar juara.

4 dari 7 halaman

3. Sadio Mane (Senegal)

Jurgen Klopp harus rela kehilangan sepasang penyerang top. Tak hanya ditinggal Mohamed Salah, Liverpool juga tak diperkuat oleh Sadio Mane yang turun untuk membela Senegal di Piala Afrika 2021.

Sayangnya, Sporting News menyebut Mane tampak lelah akibat terlalu sering digunakan dalam laga Liverpool musim ini. Hal tersebut membuat Senegal kemungkinan bakal mengistirahatkannya sepanjang babak penyisihan grup.

Adapun Mane hingga kini tercatat telah mengoleksi 26 gol dari total 80 penampilan di level internasional. 

5 dari 7 halaman

4. Edouard Mendy (Senegal)

Edouard Mendy menjadi salah satu pemain terbaik Liga Premier, sejak mendaratkan kakinya di Stamford Bridge pada 2020. Dari segi statistik, kiper berusia 29 tahun ini memang menempati peringkat lima besar WhoScored dan SofaScore.

Performa gemilang Mendy bersama Chelsea juga diharapkan dapat terwujud dalam kompetisi ini. Dikutip dari Sporting News, Mendy sempat membantu negaranya di Piala Afrika 2019. Harapan Senegal meraih gelar akhirnya pupus usai kalah 0–1 dari Aljazair di babak final.

Sayangnya, Mendy harus absen di laga penyisihan Grup B Piala Afrika 2021 kontra Zimbabwe, yang berlangsung pada Senin (10/1/2022), akibat terkonfirmasi positif COVID-19.

6 dari 7 halaman

5. Thomas Partey (Ghana)

Thomas Partey dikenal sebagai salah satu pemain top di Liga Premier. Absennya gelandang berusia 28 tahun ini bahkan membuat Mikel Arteta berniat mencari pengganti di bursa transfer Januari demi memperkuat Arsenal. Adapun di level internasional, Partey telah membuat 34 penampilan dan membukukan 12 gol.

7 dari 7 halaman

Pemain Lain

Selain lima nama di atas, pemain populer lainnya yang mengisi posisi 10 besar Piala Afrika 2021 adalah sebagai berikut.

6. Pierre-Emerick Aubameyang (Gabon)

7. Sebastien Haller (Pantai Gading)

8. Wilfred Ndidi (Nigeria)

9. Kalidou Koulibaly (Senegal)

10. Achraf Hakimi (Maroko)

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.