Sukses

Hasil Piala AFF 2020: Pertahanan Masih Bocor, Timnas Indonesia Bungkam Kamboja

Timnas Indonesia memulai Piala AFF 2020 dengan kemenangan. Pasukan Shin Tae-yong menghajar Kamboja 4-2 pada laga Grup B di Stadion Bishan, Kamis (9/12/2021).

Liputan6.com, Singapura - Timnas Indonesia memulai Piala AFF 2020 dengan kemenangan. Pasukan Shin Tae-yong menghajar Kamboja 4-2 pada laga Grup B di Stadion Bishan, Kamis (9/12/2021).

Rachmat Irianto ('5, '33) jadi bintang Skuat Garuda usai dua kali merobek gawang lawan. Gol lain timnas dicetak Evan Dimas ('17) dan Ramai Rumakiek ('54). Sementara Yue Safy ('37) dan Prak Mony Udom ('60) menyumbang gol bagi Kamboja.

Tidak butuh waktu lama bagi Indonesia untuk mencatatkan nama di papan skor. Tendangan Witan Sulaeman membentur lawan dan menghasilkan tendangan penjuru. Evan Dimas yang mengambil mengirim bola matang untuk dimaksimalkan Rachmat Irianto yang berdiri bebas pada menit kelima.

Menguasai bola dan terus menekan pertahanan lawan, Skuat Garuda menggandakan skor melalui kapten Evan Dimas di menit ke-18. Bola lambung Pratama Arhan dibiarkan Ezra Walian. Bola memantul membuat bek Kamboja kewalahan. Evan Dimas memanfaatkan situasi dengan melepas tendangan ke tiang jauh yang gagal diantisipasi kiper lawan.

Rachmat Irianto meneror Kamboja. Bek Persebaya Surabaya itu kembali mencatatkan nama di papan skor menggunakan metode seperti sebelumnya. Kali ini dia meneruskan tendangan penjuru Pratama Arhan pada menit ke-32.

Indonesia kecolongan dan gagal mencatat clean sheet. Menghadapi situasi bola mati sepak pojok, Yue Safy menaklukkan kiper Syahrul Trisna di menit ke-37.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kamboja Berkembang

Indonesia kehilangan Pratama Arhan akibat cedera. Dia digantikan Edo Febriansyah pada menit ke-41. Sebelumnya Indonesia hampir memperbesar keunggulan lewat tendangan salto Irfan Jaya yang masih mengenai mistar.

Babak pertama berakhir. Indonesia unggul tiga gol sebelum Kamboja memperkecil skor. Namun, Pratama Arhan jadi korban sengitnya pertandingan.

Babak kedua dimulai. Pelatih Indonesia Shin Tae-yong melakukan dua pergantian. Victor Igbonefo dan Ramai Rumakiek masuk menggantikan Ryuji Utomo dan Irfan Jaya. Namun, Ramai menerima kartu kuning tidak lama setelah merumput.

Ramai Rumakiek menebus kesalahan dengan memperbesar keunggulan Indonesia pada menit ke-54 pertandingan.

Pertahanan timnas kembali bocor. Kali ini giliran Prak Mony Udom yang membuat gol bagi Kamboja di menit ke-60.

Permainan Kamboja berkembang dan mampu balik menekan timnas. Shin Tae-yong merespon dengan memasukkan Syahrian Abimanyu sebagai pengganti Evan Dimas.

Shin Tae-yong melakukan pergantian terakhir. Dia menarik Ezra Walian dan memasukkan Kushedya Hari Yudo. Namun, skor tidak berubah.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Indonesia: 26-Syahrul Trisna, 4-Ryuji Utomo, 12-Pratama Arhan, 28-Alfeandra Dewangga, 14-Asnawi Mangualam, 6-Evan Dimas, 13-Rachmat Irianto, 15-Ricky Kambuaya, 25 Irfan Jaya, 8-Witan Sulaeman, 7-Ezra Walian

Kamboja: 22-Hul Kimhuy, 3-Eath Rosib, 4-Saret Krya, 6-Tes Sambath, 15-Yue Safy, 24-Choun Chanchav, 13-Min Ratanak, 17-Lim Pisoth, 20-Nhean Sosidan, 9-Sieng Chantea, 14-Keo Sokpheng

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.