Sukses

Live Report Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Kamboja

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia meladeni Kamboja pada laga pertama di Piala AFF 2020. Pertandingan berlangsung di Stadion Bishan, Kamis (9/12/2021) mulai pukul 19.30 WIB.

Jika pasukan Shin Tae-yong baru turun, Kamboja sudah bermain sekali. Mereka takluk 1-3 dari Malaysia di pertandingan pembuka.

Menyambut Piala AFF, timnas mengadakan pemusatan latihan di Turki. Mereka melakoni tiga laga uji coba melawan Afghanistan (0-1), Myanmar (4-1), dan Antalyaspor (4-0).

Evan Dimas dkk tergabung di Grup B pada Piala AFF 2021. Selain Kamboja, Indonesia harus bersaing dengan Laos, Vietnam, dan Malaysia.

Dua nama terakhir boleh jadi pesaing paling serius timnas untuk lolos ke semifinal. Pasalnya, Malaysia dan Vietnam merupakan mantan juara Piala AFF 2021.

Komposisi starter Indonesia keluar. Berikut daftarnya: Syahrul Fadil, Pratama Arhan, Ryuji Utomo, Alfeandra Dewangga, Asnawi Mangkualam, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Witan Sulaeman, Irfan Jaya, Ezra Walian

Pada laga pertama yang berlangsung sore hari, Malaysia memantapkan posisi di puncak klasemen sementara usai menghajar Laos 4-0. Safawi Rasid jadi bintang dengan mencetak hattrick. Satu gol lain disumbang Shahrul Saad.

Malaysia kini memiliki enam angka dari dua laga. Mereka unggul tiga poin di atas juara bertahan Vietnam yang baru bertanding sekali.

Pertandingan sudah dimulai. Indonesia mengenakan seragam kebesaran merah dengan Laos memakai jersey biru. Wasit asal Oman, Yaqoob Said Abdullah Abdul Baki, memimpin pertandingan.

Tidak butuh waktu lama bagi Indonesia untuk mencatatkan nama di papan skor. Tendangan Witan Sulaeman membentur lawan dan menghasilkan tendangan penjuru. Evan Dimas yang mengambil mengirim bola matang untuk dimaksimalkan Rachmat Irianto yang berdiri bebas pada menit kelima.

Menguasai bola dan terus menekan pertahanan lawan, Skuat Garuda menggandakan skor melalui kapten Evan Dimas di menit ke-18. Bola lambung Pratama Arhan dibiarkan Ezra Walian. Bola memantul membuat bek Kamboja kewalahan. Evan Dimas memanfaatkan situasi dengan melepas tendangan ke tiang jauh yang gagal diantisipasi kiper lawan.

Rachmat Irianto meneror Kamboja. Bek Persebaya Surabaya itu kembali mencatatkan nama di papan skor menggunakan metode seperti sebelumnya. Kali ini dia meneruskan tendangan penjuru Pratama Arhan pada menit ke-32. 

Indonesia kecolongan dan gagal mencatat clean sheet. Menghadapi situasi bola mati sepak pojok, Yue Safy menaklukkan kiper Syahrul Trisna di menit ke-37.

Indonesia kehilangan Pratama Arhan akibat cedera. Dia digantikan Edo Febriansyah pada menit ke-41. Sebelumnya Indonesia hampir memperbesar keunggulan lewat tendangan salto Irfan Jaya yang masih mengenai mistar.

Babak pertama berakhir. Indonesia unggul tiga gol sebelum Kamboja memperkecil skor. Namun, Pratama Arhan jadi korban sengitnya pertandingan.

Babak kedua dimulai. Pelatih Indonesia Shin Tae-yong melakukan dua pergantian. Victor Igbonefo dan Ramai Rumakiek masuk menggantikan Ryuji Utomo dan Irfan Jaya. Namun, Ramai menerima kartu kuning tidak lama setelah merumput.

Ramai Rumakiek menebus kesalahan dengan memperbesar keunggulan Indonesia pada menit ke-54 pertandingan.

Pertahanan timnas kembali bocor. Kali ini giliran Prak Mony Udom yang membuat gol bagi Kamboja di menit ke-60.

Permainan Kamboja berkembang dan mampu balik menekan timnas. Shin Tae-yong merespon dengan memasukkan Syahrian Abimanyu sebagai pengganti Evan Dimas.

Shin Tae-yong melakukan pergantian terakhir. Dia menarik Ezra Walian dan memasukkan Kushedya Hari Yudo.

Ramai Rumakiek lolos dari pertahanan lawan usai menerima bola dari Kushedya Hari Yudo. Sayang dia gagal mengontrol bola dengan baik dan si kulit bundar diamankan kiper Kamboja.

Wasit memberi tambahan waktu tiga menit. Edo Febriansyah mendapat kartu kuning karena menjegal lawan. Tidak ada gol tercipta dan Indonesia menang 4-2.

 

2 dari 3 halaman

Infografis

3 dari 3 halaman

Infografis Piala AFF