Sukses

Jelang Indonesia Open 2021, Jojo Rindu Teriakan Penonton

Pebulu tangkis tungga putra asal Indonesia Jonatan Christie mengaku rindu mendengar sorak-sorai penonton ketika bertanding di lapangan.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Badminton Festival segera memasuki minggu penyelenggaraan kedua lewat SimInvest Indonesia Open 2021. Ajang berlabel Super 1000 ini dijadwalkan berlangsung pada 23–28 November 2021 di Bali International Convention Centre, The Westin Resort, Nusa Dua.

Pemain tunggal putra Indonesia Jonatan Christie mengaku siap menghadapi turnamen tersebut. Meski demikian, pebulu tangkis yang akrab disapa Jojo ini tak memungkiri bahwa dirinya rindu mendengar teriakan penonton di area pertandingan.

“(Yang dirindukan dari) suporter (adalah) teriakannya. Ketika kita lagi bermain kan biasanya ada (sorak-sorakan). Momen-momen seperti itu sih yang kami rindukan dari penonton,” ujar Jojo dalam konferensi pers jelang SimInvest Indonesia Open 2021 pada Senin (22/11).

Seperti yang diketahui, seluruh rangkaian pertandingan dalam Indonesia Badminton Festival digelar tanpa penonton. Kondisi ini berbeda dari tur Eropa beberapa waktu lalu, yang mulai diramaikan dengan kehadiran dan sorak sorai penonton di lokasi pertandingan.

“Pasti (suasananya) berbeda. Apalagi, terakhir kita bermain di tur Eropa. Itu mereka kan sudah menerapkan (mengizinkan) kehadiran penonton. Akan tetapi di (turnamen) Asia, terlebih lagi di Indonesia yang penontonnya kita kenal sangat luar biasa, malah tidak ada penonton. Pasti sangat beda rasanya,” ungkap pemain tunggal yang kini bertengger di peringkat 8 BWF ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan Terus Mengalir

Terlepas dari ketiadaan penonton, Jonatan Christie mengaku tetap dapat merasakan aliran dukungan lewat hadiah dan suvenir yang ramai dikirimkan masyarakat sejak awal penyelenggaraan Indonesia Badminton Festival di Bali.

“Dari pemberian hadiah-hadiah itu, kami merasa mereka tetap mendukung kita. Tidak hanya pemain dalam negeri, tetapi pemain luar negeri juag merasakan (hal yang sama). Walaupun tidak ada penonton dalam hall, (ternyata) mereka tetap menyaksikan dan memberi support ke kami semua,” tuturnya. 

3 dari 4 halaman

Fokus Recovery

Di sisi lain, Jojo juga mengungkapkan dirinya tengah fokus melakukan recovery jelang SimInvest Indonesia Open 2021. Jadwal pertandingan yang cukup padat sejak beberapa minggu lalu membuat proses recovery menjadi hal yang penting bagi para pemain.

“Pastinya fokus dari (segi) recovery-nya dulu, karena beberapa pertandingan yang lalu kan cukup padat jadwalnya. Yang paling penting pertama memang recovery, lalu yang kedua (menjaga) fokusnya, baik dari penerapan permainan, (dan) strategi. Ya itu tinggal dibicarakan dengan pelatih,” pungkas pebulu tangkis berusia 24 tahun ini.

4 dari 4 halaman

Hasil Draw

Berdasarkan hasil draw di situs resmi BWF, Jonatan Christie akan menghadapi tunggal putra senior asal Malaysia Daren Liew di putaran pertama. Jojo dan Liew sebelumnya sempat bertemu di Malaysia Masters 2020. Kala itu, Jojo merebut tiket ke babak selanjutnya usai melakoni laga tiga game, 21-10, 16-21, dan 21-15.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.