Sukses

Timnas Indonesia Tidak Bisa Kibarkan Bendera Merah Putih di Piala AFF 2020

Timnas Indonesia tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih di Piala AFF 2020 karena masih ada sanksi dari Badan Antidoping Dunia atau WADA.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia terancam tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih di Piala AFF 2020. Mengutip unggahan akun Twitter @theaseanball, Sabtu (20/11/2021), Ini terjadi karena buntut dari sanksi yang diberikan Badan Antidoping Dunia atau WADA, beberapa waktu lalu.

Piala AFF 2020 akan menjadi hajatan olahraga internasional setelah Piala Thomas dan Uber tanpa kibaran bendera Merah Putih. Sebagai gantinya, bendera federasi dalam hal ini PSSI yang akan dikibarkan.

Selain Timnas Indonesia, Thailand juga tidak bisa mengibarkan bendera negaranya karena kegagalan dalam menerapkan kode Anti-Doping 2021. Sebagai gantinya, War Elephants juga hanya bisa mengibarkan bendera Federasi Sepak Bola Thailand.

"Karena larangan Badan Anti-Doping Dunia (WADA), Thailand dan Indonesia akan ditolak haknya untuk mengibarkan bendera nasionalnya diacara semacam itu, termasuk Piala AFF 2020." Cuit akun twitter @theaseanball.

Tak hanya akan membuat bendera Merah Putih gagal berkibar di Piala AFF 2020, sanksi dari WADA juga  membuat bendera Indonesia terancam tidak bisa berkibar di Piala Dunia U-20 2023 jika persoalan serius ini tak segera diselesaikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Timnas Indonesia

Terlepas dari itu, Timnas Indonesia sedang mempersiapkan tim untuk menghadapi Piala AFF 2020 yang rencananya digelar di Singapura pada 5 Desember hingga 1 Januari 2022.

Timnas Indonesia akan menjalani laga uji coba menghadapi Myanmar. Pertandingan ini rencananya berlangsung Kamis, 25 November, di Gloria Stadium.

Selain melawan Myanmar, Indonesia juga akan melakoni uji coba melawan klub lokal Turki, Antalyaspor FC pada 28 November.  Pemusatan latihan  di Turki berlangsung hingga 1 Desember mendatang.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia akan tergabung di Grup B atau yang juga disebut sebagai grup ‘neraka’ Piala AFF 2020 bersama Kamboja, Laos, Malaysia, dan juara bertahan Vietnam.

Penulis: Rafi Abdul Rochim

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.