Sukses

Bola Ganjil: Kuning Mendominasi Liga Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Merah dan biru merupakan warna favorit bagi klub sepak bola untuk baju perang utama. Namun, pemilihan warna kemudian bertambah seiring berkembangnya bisnis di lapangan hijau.

Satu tim semula hanya memiliki dua opsi warna alias seragam kandang dan tandang untuk membedakan dengan lawan.

Kini mereka punya tiga jersey yang berbeda. Kerap disebut seragam alternatif, kehadiran desain ini jelas untuk meningkatkan minat penggemar dalam usaha meningkatkan pendapatan.

Bertambahnya variasi seragam menghadirkan warna favorit baru di Liga Inggris pada 2021/2022. Warna tersebut adalah kuning.

Tercatat ada sembilan klub yang memiliki kuning sebagai unsur utama di jersey mereka. Jumlah tersebut bertambah jika menghitung klub yang hanya memakai kuning dalam bagian seragam. Manchester United memiliki kuning di celana seragam ketiga musim ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Terbanyak

Semula hanya ada dua klub Liga Inggris dengan warna kebesaran kuning, uniknya sama-sama berstatus promosi. Mereka adalah Norwich City dan Watford.

Arsenal, Brentford, Chelsea, Crystal Palace, dan Southampton kemudian memilih kuning bagi seragam tandang. Sementara Brighton & Hove Albion dan Liverpool memakainya untuk jersey ketiga.

Banyaknya klub yang memakai kuning membuat warna tersebut mencatat 2021/2022 mencatat rekor jumlah terbanyak.

 

3 dari 3 halaman

Kuning di Kiper

Angka terbanyak di Liga Inggris ketika klub menggunakan kuning pada seragam sebelumnya adalah delapan. Itu juga jika menghitung kombinasi kuning-biru milik Swansea City pada jersey tandang.

Berbeda jika membicarakan seragam kiper. Jumlah klub yang memakai kuning bagi penjaga gawang di musim 2019/2020 juga sembilan.