Sukses

Daftar Nominasi Ballon d’Or Rilis, Lionel Messi Ungkap 4 Pesaing Favoritnya

Daftar nominasi calon peraih penghargaan Ballon d'Or telah dirilis, Lionel Messi pun sebut empat nama yang jadi pesaingnya

Liputan6.com,Paris- Nominasi calon peraih Ballon d’Or telah dirilis. Lionel Messi mengungkapkan empat kandidat utama versinya yang berpotensi meraih trofi individual ini. Adapun, dua rekan setim Messi, Mbappe dan Neymar masuk dalam daftar pemain favorit pria asal Argentina tersebut.

Lionel Messi sejatinya merupakan kandidat kuat yang bisa menyabet penghargaan Ballon d’Or tahun ini. Pemain berusia 34 tahun tersebut sempat menjalani musim penuh gol yang gemilang bersama Barcelona.

Di panggung internasional, Messi sukses menjadi kapten Argentina dan mengantar timnas negaranya mengakhiri penantian 28 tahun untuk mengangkat trofi gelar juara Copa America.

Pada saat yang sama, Messi juga tampil sebagai top skor sekaligus pemain terbaik dengan meraih penghargaan Copa America 2021 Golden Boot serta Copa America 2021 Golden Ball. Tak heran jika Messi disebut punya potensi merebut Ballon d’Or ketujuhnya.

Meski demikian, Lionel Messi menyadari ketatnya persaingan untuk meraih penghargaan tersebut. Ia menyebut rekannya di PSG–Neymar dan Kylian Mbappe–sebagai pesaing. Di samping itu, Robert Lewandowski dan Karim Benzema juga dinilai merupakan striker paling mematikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Messi

“Di tim saya (Paris Saint-Germain), ada dua (pemain) yang akan saya pilih dengan mudah: Neymar dan Kylian Mbappe,” tutur peraih penghargaan Ballon d’Or enam kali tersebut kepada France Football, seperti dilansir dari SportBible.

“Kemudian, Robert Lewandowski (Bayern Munchen), yang baru saja menjalani tahun hebat, dan Karim Benzema (Real Madrid) yang luar biasa,” sambung Messi.

3 dari 4 halaman

Digagas pada 1965

Dikutip dari SportBible, Ballon d’Or pertama kali digagas oleh jurnalis Gabriel Hanot pada 1965. Penghargaan tersebut lantas dibagikan setiap tahun kepada sosok yang dianggap sebagai pemain terbaik di dunia.

Adapun, wartawan sepak bola, pelatih, dan kapten tim nasional memiliki hak suara dalam proses ini. Pemenang penghargaan Ballon d’Or kabarnya akan diumumkan di Theatre du Chatelet Paris pada 29 November mendatang.

Pada tahun sebelumnya, penghargaan Ballon d’Or untuk pertama kalinya tidak dibagikan akibat pandemi COVID-19. Padahal, banyak pihak menilai penyerang jitu Bayern Munchen, Robert Lewandoski, yang akan menyabet trofi tersebut.

Meski demikian, Lewandowski hingga kini masih menunjukkan performa apik. Melansir SportBible, ia bahkan sejauh ini telah membukukan 50 gol pada 2021.

4 dari 4 halaman

Nominasi Peraih Penghargaan Ballon d’Or 2021

Ada Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, hingga Jorginho, berikut merupakan daftar 30 nominasi peraih penghargaan Ballon d’Or 2021.

  1. Nicolo Barella (Inter Milan)
  2. Karim Benzema (Real Madrid)
  3. Leonardo Bonucci (Juventus)
  4. Kevin De Bruyne (Manchester City)
  5. Giorgio Chiellini (Juventus)
  6. Cristiano Ronaldo (Manchester United)
  7. Ruben Dias (Manchester City)
  8. Gianluigi Donnarumma (Paris Saint-Germain)
  9. Bruno Fernandes (Manchester United)
  10. Phil Foden (Manchester City)
  11. Erling Haaland (Borussia Dortmund)
  12. Jorginho (Chelsea)
  13. Harry Kane (Tottenham Hotspur)
  14. N’Golo Kante (Chelsea)
  15. Simon Kjaer (AC Milan)
  16. Cesar Azpilicueta (Chelsea)
  17. Robert Lewandowski (Bayern Munchen)
  18. Romelu Lukaku (Chelsea)
  19. Riyad Mahrez (Manchester City)
  20. Lautaro Martinez (Inter Milan)
  21. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain)
  22. Lionel Messi (Paris Saint-Germain)
  23. Luka Modric (Real Madrid)
  24. Gerard Moreno (Villarreal)
  25. Mason Mount (Chelsea)
  26. Neymar (Paris Saint-Germain)
  27. Pedri (Barcelona)
  28. Mohamed Salah (Liverpool)
  29. Raheem Sterling (Manchester City)
  30. Luis Suarez (Atletico Madrid)

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.