Sukses

Start Up Ini Resmi Jadi Pemegang Hak Siar Piala Dunia 2022 dan Piala Dunia U-20

Start up teknologi ini untuk pertama kalinya berhasil menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022 dan Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Start up Klikdaily resmi menjadi pemegang lisensi utama dari FIFA untuk hak siar Piala Dunia 2022 dan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Hak siar ini jadi spesial karena Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia pada 2023 mendatang.

Ini menjadi pertama kalinya start up teknologi di Indonesia berhasil memegang lisensi hak siar untuk Piala Dunia.

"Merupakan suatu kebanggaan bagi kami dapat menjadi startup teknologi pertama di Indonesia yang ditunjuk langsung oleh FIFA. Kami yakin FIFA World Cup 2022 dan FIFA U-20 World Cup 2023 akan menjadi piala dunia yang paling terintegrasi karena tingginya jumlah pengguna internet dan smartphone di Indonesia," ujar Amos Gunawan selaku founder dan CEO Klikdaily seperti keterangan pers yang diterima media.

"Dengan lisensi ini, kami berharap FIFA World Cup dan Klikdaily bisa menjadi salah satu katalis dalam menghidupkan kembali perekonomian Indonesia pasca pandemi di tahun 2022-2023 nanti," dia menambahkan.

Klikdaily merupakan platform teknologi yang mentransformasi UMKM ataubisnis mikro di Indonesia. Klikdaily tidak hanya menyediakan platform digital, juga membangun platform fisik dan memberikan solusi end-to-end dari pendanaan, promosi pintar, hingga pemasaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Unik

Piala Dunia 2022 menjadi ajang yang unik karena pertama kalinya diadakan pada bulan Desember di Qatar. Sedangkan Piala Dunia U-20 merupakan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia karena berhasil menjadi tuan rumah.

"Kami siap untuk memanfaatkan momentum dan mengajak seluruh pemangku kepentingan baik dari pemerintah maupun pihak swasta untuk berkolaborasi bersama dalam ajang ini," ujar Amos.

Amos pun memprediksi FIFA World Cup 2022 dan FIFA U-20 World Cup 2023 akan menjadi ajang pesta olahraga terbesar sepanjang sejarah yang ditonton karena rekor tingginya jumlah penonton di kanal digital. Proyeksi penonton di Indonesia pun meningkat hampir dua kali lipat menjadi sekitar 200 juta penonton dengan total jamtayang sebanyak 34 miliar jam, ditonton dari 3 dari 4 penduduk Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Piala Dunia U-20

 

Sementara itu, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 untuk pertama kali. Pertandingan ini akan diadakan di 6 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Surakarta, Gianyar, dan Palembang.

Dengan total 52 pertandingan, FIFA U-20 World Cup akan diikuti oleh 24 tim nasional. Timnas Indonesia sendiri sudah dipastikan mendapatkan tempat sebagai tuanrumah.

Piala Dunia selalu menjadi ajang yang dinanti-nantikan dan memiliki jumlah penonton terbesar di dunia, bahkan melebihi Olimpiade. Sebagai perbandingan, Piala Dunia tahun 2018 yang mencatatkan total 3,5 miliar penonton – ditonton hampir setengah jumlah populasi manusia di dunia.

Dalam penyiaran 64 pertandingan, rata-rata jumlah penonton untuk setiap pertandingan mencapai 191 juta. Di Indonesia sendiri jumlah penonton piala dunia 2018 adalah 162 juta untuk seluruh pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.