Sukses

Jadwal Kejuaraan Badminton Terdekat Setelah Olimpiade Tokyo 2020

Greysia Polii / Apriyani Rahayu yang merebut emas di Olimpiade Tokyo 2020 kini tengah mempersiapkan diri menghadapi turnamen-turnamen ini.

Liputan6.com, Jakarta Publik Tanah Air dibuat bersorak saat ganda putri Indonesia, Greysia Polii / Apriyani Rahayu berhasil merebut medali emas dari cabang badminton pada Olimpiade Tokyo 2020. Suka cita penggemar tepok bulu Indonesia bertambah manakala Anthony Sinisuka Ginting juga pulang dengan medali perunggu.

Namun kini pertanyaan muncul. Setelah Olimpiade Tokyo 2020, kejuaraan apalagi yang bakal diikuti oleh para pebulutangkis Tanah Air?

Greysia dan kawan-kawan setidaknya bisa sedikit bernapas lega. Sebab Kejuaraan Korea Terbuka yang sejatinya berlangsung pada akhir bulan Agustus terpaksa dibatalkan menyusul pandemi COVID-19. 

Kesempatan ini kemudian dimanfaatkan oleh Greysia Polii cs untuk mempersiapkan diri menghadapi dua agenda besar, yakni Piala Sudirman dan Piala Thomas-Uber. Kedua ajang bergengsi bagi dunia bulu tangkis itu bakal berlangsung tidak lama lagi dan Indonesia selalu berambisi untuk memenangkannya. 

Seperti diketahui Piala Sudirman merupakan kejuaraan badmintonberegu campuran. Satu-satunya gelar yang berhasil diraih Indonesia pada ajang ini adalah saat turnamen berlangsung pertama kali digelar di Jakarta, pada tahun 1989 lalu. Setelah itu, Indonesia belum pernah lagi mengangkat trofi.

Sepekan setelah Piala Sudirman usai, Indonesia kembali akan tampil di Piala Thomas dan Uber. Kejuaraan ini seharusnya berlangsung di tahun genap (2020), tapi diundur setahun karena pandemi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan Meningkat

Keberhasilan merebut emas di nomor ganda putri pada Olimpiade Tokyo 2020 setidaknya memberi kekuatan baru Indonesia dalam menatap Piala Sudirman tahun ini. Kini Greysia/Apriyani pun diharapkan mampu menyumbang poin bagi Indonesia dalam merebut 3 kemenangan di setiap laga. 

Setidaknya ada empat nomor andalan yang membuat langkah Indonesia mantap menatap Piala Sudirman 2021. Selain Greysia/Apriyani, Indonesia juga terbilang menjanjikan untuk tunggal putra (Anthony Sinisuka Ginting), ganda putra (Kevin Sanjaya/Marcus Gideon), dan ganda campuran (Praveen Jordan/Melati Oktaviani. Sementara tunggal putri belum jadi andalan untuk meraih angka. 

Setelah menjalani karantina sepulangnya dari Olimpiade Tokyo 2020, para atlet langsung kembali ke lokasi pelatnas di Cipayung, Jakarta Timur, untuk menjalani latihan menghadapi dua kejuaraan ini.

Lalu kapan Piala Sudirman dan Thomas-Uber digelar?

3 dari 3 halaman

Jadwal Agenda Bulu Tangkis Terdekat

Piala Sudirman

Vantaa, Finalndia

26 September - 3 Oktober 2021

 

Piala Thomas dan Uber

Aarhus, Denmark

9-17 Oktober 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.