Sukses

Putri Bertanding di Olimpiade Tokyo 2020, Hakim Tunda Hukuman Ibu Atlet yang Terlibat Penipuan

Liputan6.com, Jakarta Jordan Chiles, pesenam putri asal Amerika Serikat hanya mampu meraih perak di Olimpiade Tokyo 2020. Namun kepingan medali tu terasa spesial karena diraih di hadapan ibunya, Gina Chiles. 

Chiles meraih perak di nomor senam artistik beregu putri. Di babak final yang berlangsung di Ariake Gymnastics Centre, Selasa (27/7/2021), Chiles seharusnya hanya tampil di nomor vault and floor. Namun wanita berusia 20 tahun itu terpaksa turun juga di nomor balok keseimbangan karena rekan setimnya, Simon Biles memutuskan mundur dari arena pertarungan Olimpiade Tokyo 2020

Rusia yang menggunakan nama ROC akhirnya keluar sebagai pemenang dengan torehan 169.528 poin. AS berada di urutan kedua dengan 166.096 menyusul Inggris Raya dengan capaian, 164.096 poin. 

Gina Chiles, ibunda Jordan Chiles menyaksikan langsung momen ini. Gina akhirnya bisa terbang ke Tokyo untuk melihat langsung penampilan putrinya setelah pengadilan menangguhkan hukumannya. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terlibat Penipuan

Seperti dilansir dari Marca, Gina telah dijatuhi hukuman kurungan setahun satu hari gara-gara terbukit bersalah dalam tindak kriminal penipuan. Gina yang memiliki usaha properti Propery Management LLC menipu para kliennya pada tahun 2014-2016 lewat proposal fiktif. Dana yang terkumpul sebesar 1 juta USD yang didapat kemudian digelapkan dan digunakan Gina untuk kepentingan pribadinya. 

Dia menghadapi hukuman maksimum 20 tahun. Namun setelah pengakuan bersalah dia dijatuhi hukuman oleh pengadilan Oregon pada bulan November lalu, yakni 366 hari penjara dan kewajiban megembalikan dana 1,2 juta dolar ketika dia dibebaskan nanti.

 

3 dari 3 halaman

Permohonan Dikabulkan

Gina kemudian meminta belas kasihan pengadilan untuk menunda eksekusi hukuman tersebut. Dia ingin menyaksikan putrinya, Jordan Chilles bertanding di Oimpiade Tokyo 2020 sebelum dipenjara. 

Permohonan dikabulkan oleh pengadilan dan Gina akhirnya bisa melihat putirnya bertanding. 

Keluarga Chiles pindah dari Washington ke Texas pada 2019 agar Jordan bisa berlatih di gym yang sama dengan Simone Biles. Pasangan ini telah menjadi teman yang sangat dekat hingga saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.