Sukses

Hasil Semifinal Euro 2020 : Tekuk Spanyol 4-2 Lewat Adu Penalti, Italia Lolos ke Final

Italia dan Spanyol harus tentukan kepastian lolos ke final Euro 2020 lewat adu penalti.

Liputan6.com, London-  Italia berhasil lolos ke final Euro 2020 usai menang 4-2 atas Spanyol lewat adu penalti di laga semifinal di Wembley, Rabu (7/7/2021). Kedua tim bermain 1-1 di waktu normal.

Italia langsung membuat peluang berbahaya di menit ke-4. Umpan terobosan Emerson berhasil diraih Barella, tapi tembakannya masih melebar.

Setelah serangan itu, Spanyol mulai mendominasi penguasaan bola. Menit ke-13, Oyarzabal sudah satu lawan satu dengan kiper tapi gagal menahan bola dengan baik.

Menit ke-21, Italia gagal manfaatkan momen emas untuk cetak gol. Nicola Barella kesulitan untuk mengecoh Laporte untuk melepas tembakan ke gawang kosong.

Usaha bagus dari Dani Olmo di menit ke-25. Setelah tembakan pertama diblok Bonucci, dia melepas tembakan lagi tapi masih bisa ditepis Donnarumma.

Italia mencoba peruntungan di menit ke-45 lewat Emerson. Mendapatkan umpan dari Insigne, tembakan Emerson di sisi kiri melambung jauh keluar.

Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 antara Italia lawan Spanyol pada semifinal Euro 2020 tetap bertahan.

 

Video Menarik

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Babak Dua

Spanyol ambil inisiatif serangan di babak kedua. Menit ke-52, Sergio Busquets nyaris membobol gawang Italia tapi tembakannya melayang tipis di atas gawang.

Sabar menunggu kesempatan serangan, Italia benar-benar repotkan Spanyol. Italia unggul 1-0 di menit ke-60 berkat gol Federico Chiesa.

Lewat serangan cepat, Ciro Immobile manfaatkan kesalahan bek Spanyol. Dia melepas umpan ke Chiesa yang dengan cerdik melepas tendangan terukur ke gawang Spanyol.

Menit ke-65, Spanyol berpeluang samakan skor lewat Mikel Oyarzabal. Namun dia gagal manfaatkan umpan Koke dengan baik.

Spanyol mengejutkan Italia di menit ke-80. Lewat kerjasama dengan Dani Olmo, Spanyol samakan skor 1-1  lewat gol Alvaro Morata.

Hingga babak kedua berakhir, skor antara Italia lawan Spanyol masih 1-1. Pertandingan pun dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

 

3 dari 5 halaman

Perpanjangan Waktu

Perpanjangan waktu dibuka dengan tendangan bebas untuk Spanyol setelah pelanggaran oleh bek Italia, Toloi. Dani Olmo eksekusi free kick tapi umpannya melewati kepala Alvaro Morata di menit ke-92.

Spanyol mendapatkan peluang berlipat di menit ke-102. Pedri memberi umpan kepada Morata tapi bisa ditepis Donnarumma, bola jatuh ke kaki Llorente tapi tembakannya masih bisa diblok Bonucci. Skor 1-1 masih bertahan hingga babak pertama perpanjangan waktu berakhir.

Pada babak dua perpanjangan waktu, Berardi sempat membuat fans Italia bersorak di menit ke-110. Namun dia sudah terlanjur offside saat mendapatkan umpan dari Chiellini sehingga gol dianulir.

Hingga babak dua perpanjangan waktu berakhir, skor tetap bertahan 1-1 dan dilanjutkan ke adu penalti.

4 dari 5 halaman

Adu Penalti

Berikut jalannya adu penalti:

Penalti 1 Italia : Gagal (Locatelli)

Penalti 2 Spanyol: Gagal (Dani Olmo)

Penalti 3 Italia: Gol (Belotti)

Penalti 4 Spanyol:  Gol (Moreno)

Penalti 5 Italia: Gol (Bonucci)

Penalti 6 Spanyol: Gol (Thiago)

Penalti 7 Italia : Gol (Bernardeschi)

Penalti 8 Spanyol: Gagal (Alvaro Morata )

Penalti 9 Italia : Gol (Jorginho)

Italia lolos ke final Euro 2020 usai menang 4-2 lawan Spanyol.

 

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson/Toloi (74); Nicolo Barella/Locatelli (85), Jorginho, Marco Verratti/Pessina (74); Federico Chiesa/Bernardeschi (107), Ciro Immobile/Berardi (62), Lorenzo Insigne/Belotti (85)

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta/M Llorente (85), Eric Garcia, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Koke/Rodri (70), Sergio Busquets/Alcantara (106), Pedri; Ferran Torres/Alvaro Morata (62), Mikel Oyarzabal/Moreno (70), Dani Olmo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.