Sukses

NBA Pakai Bola Baru Mulai Musim Depan

NBA tidak lagi memakai bola basket buatan Spalding mulai musim depan.

Liputan6.com, Jakarta- NBA dipastikan akan mengganti bola resmi mulai musim 2021-2022. Bila selama ini NBA identik dengan bola basket Spalding, mulai musim depan akan kembali memakai bola buatan Wilson. NBA telah resmi berpisah dengan Spalding setelah bekerjasama lebih dari 30 tahun.

Wilson sendiri sebenarnya merupakan produsen bola basket resmi pertama NBA dari 1946-1983 sebelum digantikan Spalding. Bola basket baru dari Wilson yang akan dipakai di musim 2021-2022 resmi diperkenalkan sebelum ulang tahun ke-75 NBA.

Bola baru ini terbuat dari konfigurasi delapan panel, spesifikasi performa dan menggunakan materi kulit yang sama seperti bola yang saat ini digunakan di NBA.

Bola baru ini sudah dikembangkan oleh NBA dan National Basketball Players Association (NBPA) bekerja sama dengan Wilson selama satu tahun terakhir. Bola baru ini menampilkan logo ikonik NBA dan Wilson dengan full grain pebbling, dengan logo Wilson tercetak di atas garis hitam.

“Kemitraan kami dengan Wilson terjalin pada waktu sangat tepat saat kami menyambut perayaan ulang tahun ke-75 kami. Sebagai bola pertandingan resmi NBA untuk 37 musim pertama liga, Wilson kembali membangun sejarah bersama kami dan melihat ke depan menuju pertumbuhan liga yang berkelanjutan,” kata Salvatore LaRocca, NBA President, Global Partnerships, seperti dikutip dari situs resmi NBA.

 

 

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Debut

"Wilson sangat antusias untuk membangun sejarah dan warisan kami dengan NBA untuk mengembangkan permainan bola basket di panggung global,” kata Kevin Murphy, General Manager, Wilson Team Sports.

Bola baru NBA garapan Wilson ini akan memulai debutnya di lapangan dalam acara “Microsoft Surface NBA Draft Combine 2021”, yang dijadwalkan berlangsung pada Senin, 21 Juni hingga Minggu, 27 Juni waktu setempat.

Bertepatan dengan pengumuman peluncuran bola baru, Wilson juga memperkenalkan anggota Staf Penasihat NBA pertamanya – Trae Young, pemain NBA All-Star 2020, dan Jamal Murray, pemain terpilih pada putaran pertama NBA Draft 2016. Sebagai anggota resmi Staf Penasihat Wilson, Young dan Murray akan melakukan uji permainan (playtest), lalu memberikan masukan, dan berkolaborasi dengan bola basket Wilson.

3 dari 3 halaman

Young dan Murray

“Staf Penasihat Wilson merupakan suatu peran yang sangat cocok dengan saya,” kata Young.

“Saya telah menggunakan bola basket mereka sejak kecil – mulai dari bermain di driveway hingga bermain di perguruan tinggi. Saya sangat senang melihat Wilson kembali ada di pertandingan NBA, dan saya juga bangga bisa menyuarakan tentang bagaimana mereka hadir baik di dalam maupun di luar lapangan.”

Young dan Murray bergabung dengan anggota Staf Penasihat Bola Basket Wilson, yang daftarnya terus bertambah, termasuk Liz Cambage, peraih gelar WNBA All-Star tiga kali, bintang FIBA 3x3 Dušan Bulut dan Migna Touré, pelatih bidang keterampilan ternama Chris Brickley, dan tastemaker Beija Velez, dan masih lebih banyak pemain yang akan diumumkan menjelang musim mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.