Sukses

European Super League Akal-Akalan Klub Besar Seperti Real Madrid dan MU Cari Uang?

European Super League seperti ingin berkonfrontasi dengan UEFA dan FIFA agar mendapatkan lebih banyak uang

Liputan6.com, Madrid- European Super League (ESL) atau Liga Super Eropa menjadi pembahasan panas sejak Senin (19/4/2021). Bos Real Madrid, Florentino Perez mengumumkan soal bakal bergulirnya European Super League.

European Super League disinyalir bisa menjadi penyelamat sepak bola. Soalnya klub yang mengikuti ESL bisa mendapatkan hadiah uang tiga kali lipat dari yang didapatkan di Liga Champions saat ini.

Bak bom atom yang meledak, ESL ini membuat marah UEFA dan FIFA. Klub dan pemain yang mengikuti European Super League diancam tidak bisa mengikuti semua agenda UEFA dan Piala Dunia.

UEFA pun membalas pengumuman ini dengan mengeluarkan format baru Liga Champions. Toh, ini tak membuat bos European Super League Florentino Perez bergeming.

"UEFA membuat format baru yang sejujurnya saya tak mengerti. Ini juga tak akan menambah pendapatan yang bisa menyelamatkan sepak bola," ujar presiden Real Madrid itu.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selamatkan Klub

 

Perez menegaskan ide ini muncul karena ingin menyelamatkan klub dari kehancuran. Pandemi Covid-19 sudah membuat klub kehilangan pendapatan.

"Klub terbesar di Inggris, Italia dan Spanyol harus mencari solusi dari masalah pelik yang kami hadapi," ujarnya.

"UEFA bilang mereka rugi 5 miliar euro. Di Real Madrid kami punya anggaran 800 juta euro. Kami sudah rugi 400 juta euro dalam dua musim."

Perez berjanji akan bicara kepada UEFA dan FIFA untuk membahas soal ini. Dia heran mengapa kedua otoritas dunia itu sangat marah.

 

3 dari 3 halaman

Ditentang

 

Janji manis Perez tak disetujui Jurgen Klopp, pelatih Liverpool. Dia heran mengapa duel Liverpool vs Real Madrid dalam 10 tahun ke depan bisa dianggap sebagai hal menarik.

"Buat saya, Liga Champions itu sudah Super League, dimana Anda tak akan jumpa tim itu-itu lagi," ujarnya.

"Tentu ekonomi itu penting, tetapi mengapa kita membuat sebuah sitem dimana Liverpool terus-terusan jumpa Real Madrid dalam 10 tahun terakhir? Siapa yang ingin lihat itu setiap tahun," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • European Super League merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    European Super League

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    Liga Super Eropa

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd