Sukses

Piala Menpora 2021: Tiba di Bandung, Pemain PSS Sleman Bebas Covid-19

Liputan6.com, Bandung Salah satu tim peserta turnamen Piala Menpora 2021, PSS Sleman, sudah tiba di Bandung. Setibanya di Kota Kembang sebanyak 27 pemain PSS langsung menjalani tes swab antigen. Hasilnya, semua pemain PSS Sleman dinyatakan negatif Covid-19 hasil pemeriksaan tes swab antigen pada Jumat (12/3/2021). 

Dokter Tim PSS Sleman Elwizan Aminuddin mengatakan berdasarkan hasil tersebut dan juga medical check up (MCU), timnya dinyatakan cukup layak dan siap mengarungi Piala Menpora 2021 mendatang.

”Secara keseluruhan Alhamdulillah hasilnya cukup baik dan cukup layak. Walaupun ada catatan tapi hal itu masih bisa ditoleransi, dan saya pastikan bahwa 27 pemain yang melakukan MCU kemarin layak dan siap untuk membela Tim PSS Sleman,” kata Amin dalam keterangannya, Sabtu (13/3/21).

Ada beberapa indikator yang digunakan petugas kesehatan untuk memeriksa Bagus Nirwanto dan kolega. Di antaranya pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter ortopedi untuk mendeteksi cedera, kemudian pemeriksaan EKG untuk memeriksa jantung saat dia istirahat, lalu treadmill yaitu pemeriksaan jantung saat dia beraktivitas. 

“Ditambah lagi, juga dilakukan pemeriksaan laboratorium darah dan urine untuk mendeteksi apakah ada penyakit bawaan dari dalam tubuhnya atau tidak. Dan yang terakhir adalah pemeriksaan audiometri dan spirometri, yaitu untuk napas, telinganya, termasuk mata juga,” ujar Amin.

 

 

2 dari 4 halaman

Titik Lemah

Amin juga menambahkan bahwa dari hasil MCU tersebut, terlihat beberapa titik lemah. Misalnya pada bagian otot dari para pemain. Dari hasil temuan ini, tim dokter PSS selanjutnya akan bertindak dan memberlakukan treatment khusus, supaya keadaan para penggawa kembali ke normal. 

“Dari hasil MCU kemarin kan kita bisa mendapatkan beberapa titik lemah, bukan mencari kelemahannya. Kita juga cari solusinya. Misalnya di otot kaki kanan yang lemah akan diberikan pelatihan khusus. Nanti saya akan berkolaborasi dengan fisioterapis dan pelatih fisik,” ujarnya.

3 dari 4 halaman

Latihan Perdana

Jelang turnamen pramusim Piala Menpora 2021, PSS Sleman sendiri telah menggelar latihan perdana dengan 27 pemainnya di Bandung, Sabtu (13/03/21). Ada beberapa menu latihan, khususnya fisik, yang diberikan kepada penggawa Super Elang Jawa.

“Menu latihan yang kami berikan yaitu pemanasan, jogging, koordinasi, passing, juga ball possession. Lalu dilanjutkan dengan finishing dan crossing,” kata pelatih fisik PSS Sleman Danang Suryadi.

Danang menambahkan, sesi latihan kali ini masih merupakan proses adaptasi karena sudah dari tahun lalu, Ega Rizky dan kolega tak lagi berlatih bersama.

Overall semua latihan ini masih adaptasi. Jadi kita masih mau lihat komunikasinya dulu nih, bagaimana dia berkomunikasi dengan pemain yang lain khususnya dengan pemain baru. Karena tadi mungkin masih agak malu-malu, agak jaim. Itu yang kita mau bentuk dulu sebelum kita melangkah ke program yang lain,” kata Danang.

Latihan fisik dasar ini masih akan diberikan oleh Danang hingga dua hari ke depan. Setelahnya, barulah tim pelatih akan mulai menaikkan intensitas latihannya.

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini