Sukses

6 Buah-Buahan Kaya Protein yang Paling Pas untuk Program Diet 

Buah buahan ini paling pas untuk program diet yang mengandung protein seperti makanan utama.

Liputan6.com, Jakarta Buah-buahan tak sekadar mengandung vitamin dan protein yang diperlukan tubuh. Buah-buahan juga ternyata bagus saat dipakai untuk program diet.

Soalnya, buah-buahan mengandung protein meski tak setinggi daging, makanan laut, kacang-kacangan, tahu, keju atau telur.

Menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (FDA), wanita harus mengonsumsi 46 gram protein sehari. Sementara pria harus mengonsumsi 56 gram protein per hari.

Fungsi penting dari makan makanan kaya buah adalah vitamin dan nutrisi lain yang dapat diberikan kelompok makanan, ditambah karbohidrat dan serat yang sehat.

Tidak semua buah-buahan mengandung protein. Maka itu, kamu perlu tahu buah-buahan apa saja yang kaya protenin dan bisa dipadukan dengan makanan berprotein lainnya. Berikut 6 buah yang mengandung protein seperti dilansir dari laman PureWow:

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Nangka

Nangka adalah buah tropis yang banyak terdapat di Indonesia. Satu porsi cangkir mengandung tiga gram protein. Selain protein, buah ini juga mengandung kalium yang menyehatkan jantung, serta serta vitamin A dan C, magnesium, kalsium, zat besi dan riboflavin, menurut Cleveland Clinic.

 

3 dari 7 halaman

2. Jambu Biji

 

Buah tropis lainnya yang juga banyak di Indonesia, jambu biji mengandung sekitar empat gram protein per cangkir menjadikannya salah satu buah berprotein tinggi. Buah super manis alami juga mengandung banyak vitamin C dan serat, terutama jika Anda memakan kulit dan bijinya.

 

4 dari 7 halaman

3. Alpukat

 

Alpukat adalah sumber lemak sehat yang sangat baik, tetapi tahukah Anda bahwa alpukat juga mengandung tiga gram protein dalam setiap cangkirnya? Alpukat juga kaya serat, folat, magnesium, riboflavin, niasin dan vitamin C, E dan K.

 

5 dari 7 halaman

4. Pisang

 

Anda pernah mendengar bahwa pisang mengandung kalium tinggi, makan satu buah untuk mengatasi kram kaki. Pisang juga mengandung sekitar 1,6 gram protein di setiap cangkirnya. Pisang adalah sumber serat, prebiotik, vitamin A, B6 dan C, serta magnesium yang nyaman.

 

 

6 dari 7 halaman

5. Jeruk Bali

 

Satu cangkir jeruk bali mengandung 1,3 gram protein, belum lagi kurang dari 100 kalori. Seperti buah jeruk lainnya, ia kaya vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh, serta kalsium dan zat besi yang membangun tulang. Asam sitrat dalam jeruk bali dapat mencegah batu ginjal.

 

7 dari 7 halaman

6. Kiwi

 

Satu cangkir kiwi mengandung sekitar dua gram protein, dan selama Anda membersihkan kulit dengan baik, Anda juga bisa mendapatkan manfaat kaya seratnya. Kiwi juga banyak mengandung vitamin C, kalium dan fosfor, serta zat besi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.