Sukses

Resmi Terpilih Jadi Ketum Baru, Bamsoet Ingin Bawa IMI Lebih Solid dan Mandiri

Bamsoet terpilih secara aklamasi menjadi ketua umum IMI periode 2021-2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI Bambang 'Bamsoet' Soesatyo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) periode 2021-2024. Bamsoet menggantikan Sadikin Aksa yang memimpim IMI selama satu periode sebelumnya.

Penetapan Bamsoet sebagai Ketua IMI Pusat di Makassar, Minggu (20/12/2020) ditandai dengan penyerahan pataka kepadanya dari Pimpinan Sidang, James Sumendap yang merupakan Ketua IMI Sulawesi Utara. Bamsoet pun mengaku siap menjadikan IMI lebih solid, mandiri, berdaya guna, dan berkelanjutan.

"Kira-kira ada sekitar 7.398 klub otomotif yang merepresentasikan kurang lebih 110.000 road users di 34 provinsi tergabung dalam keluarga besar IMI. Dalam tataran organisasi, IMI memiliki 5.210 sport klub, 838 mobility klub, dan 1.350 sport and mobility klub. Karena itu IMI harus menyongsong era digitalisasi, baik dalam pengembangan klub maupun keanggotaan," kata Bamsoet seperti rilis yang diterima media.

Acara Munas IMI sendiri digelar secara faktual dan virtual. Hanya Ketum IMI Provinsi yang hadir di Makassar, dengan penataan kursi sesuai protokol kesehatan yakni social distancing dan menggunakan masker.

Hadir secara virtual antara lain Ketua Umum KONI Pusat Letjen (purn) Marciano Norman, dan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Dewa Broto. Hadir pula Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, Anggota Komisi X DPR RI Robert Kardinal, dan Ketua Umum IMI 2011-2015 yang kini menjadi Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna.

 

Saksikan Video Bamsoet di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Industri

Bamsoet juga mengatakan, ingin mengedepankan olahraga otomotif sebagai industri dan hiburan yang mendukung program pemerintah di sektor pariwisata, ekonomi, lingkungan hidup, dan sosial. Setiap tahun, setidaknya IMI harus mampu menggelar 680 kegiatan klub events, 510 kegiatan IMI Provinsi events, 189 kegiatan national championship, dan 32 kegiatan national series.

"Mengingat di skala internasional IMI berafiliasi kepada Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), karenanya setiap tahun IMI harus mampu menyelenggarakan berbagai kegiatan motorsport berskala dunia. Minimal 4 kegiatan international series dan 4 kegiatan international championship. Salah satu peluang yang bisa diambil yakni FIA Electric and New Energy Championship," ujar Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Motor Besar Indonesia (MBI) ini menegaskan, IMI juga harus mendukung pemerintah dalam mengedukasi keselamatan berlalu lintas di jalan raya. IMI akan menggencarkan standarisasi tata cara berkendara berkelompok sebagai panduan komunitas otomotif dalam melakukan berbagai aktivitasnya.

"IMI berkomitmen menjadikan kegiatan touring klub otomotif tak hanya sekadar sarana melepas lelah dan penat. Tapi juga harus memberikan nilai tambah ekonomi. Antara lain dengan mempromosikan destinasi wisata yang dilalui selama touring, menjaga kelestarian lingkungan, dan memberikan bantuan sosial ke berbagai lapisan masyarakat," ujarnya.

Setelah terpilih Bamsoet dan formatur akan segera menentukan pengurus lengkap untuk bisa membantunya dalam menjalankan roda organisasi IMI ke depan. Sekertaris Jendral (Sekjen) adalah posisi paling krusial yang tak boleh salah pilih.

 

3 dari 4 halaman

Posisi Sekjen

Sepanjang berlangsungnya Munas di Makassar itu, nama A. Judiarto (Mantan Ketua IMI DKI Jakarta 2 periode) digadang-gadang sebagai Sekjen paling pas mendampingi Bamsoet arena meneert luar dalam IMI sejak lama.

Chandra Samad, penyelenggara event Otomotif asal Makassar yang hadir di Munas IMI mengatakan setuju jika Judiarto dipilih sebagai Sekjen mendampingi Bamsoet.

"Pak Judiarto ini sangat mengerti dan paham betul dengan organisasi IMI. Apalagi ia punya pengalaman sebagai Ketua IMI Provinsi. Ia juga mantan pembalap. Klop lah kalau menempati posisi Sekjen," ujar Chandra diamini Ketua IMI DKI, Anonto Eko dan Sekumnya, Dodi Irawan juga salah satu pengurus IMI Kaltim yang tak mau disebutkan namanya.

 

4 dari 4 halaman

Kandidat Lain

 

Sementara itu, Judiarto ogah berkomentar banyak soal ini."Biar saja tim formatur yang menentukan," kata Judiarto.

Selain Judiarto,nama pereli nasional Rifat Sungkar pun disebut-sebut akan masuk dalam kabinet Bamsoet. Kabarnya, Rifat diproyeksi sebagai Ketua IMI Mobility yang akan berperan memajukan program-program mobility di seluruh Indonesia.

"Yang pasti, selamat buat Bamsoet, semoga kehadirannya bisa membawa angin segar untuk IMI," ujar Rifat.

Selain penetapan Bamsoet sebagai Ketum IMI, Munas juga menetapkan IMI DKI sebagai IMI Provinsi terbaik 2020, diikuti Jawa Timur sebagai IMI Terbaik kedua dan Sumatera Barat meraih posisi ketiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.