Sukses

Memandang Kemenangan Barcelona Tanpa Messi dari Kacamata Rivaldo : Kebaikan yang Mengancam

Tanpa kehadiran Lionel Messi, Barcelona berhasil pesta gol 3-0 atas Ferencvaros di ajang Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona kembali memetik kemenangan di Liga Champions tanpa Lionel Messi. Pasukan Ronald Koeman pesta gol 0-3 saat menyambangi markas Ferencvaros, Kamis dini hari WIB (3/12/2020). 

Koeman sengaja tidak melibatkan Messi pada pertandingan ini. Pemain yang akrab dijuluki La Pulga itu diistirahatkan agar tampil bugar saat memperkuat Barcelona di ajang La Liga, pada akhir pekan ini. 

Barcelona yang sudah memastikan tempat di babak 16 besar Liga Champions bermain tanpa beban melawan Ferencvaros. Tampil di Puskas Arena, Barcelona menggebrak lewat gol pembuka Antoine Griezmann pada menit ke-14. Berselang 4 menit kemudian, giliran Martin Braithwaite yang menjebol gawang Ferencvaros. Kemenangan Barca kemudian disempurnakan Ousmane Dembele menit ke-28. 

Kemenangan ini sekaligus memantapkan posisi Barcelona di puncak klasemen grup G dengan koleksi 15 poin dari 5 laga. Sementara urutan kedua ditempati Juventus dengan 12 poin juga dari 5 laga. Baik Barcelona maupun Juventus sama-sama sudah memastikan tempat di babak selanjutnya. 

Bukan kali ini saja Koeman memarkir Messi saat timnya tampil di Liga Champions. Pekan lalu, pemain yang dijuluki La Pulga itu juga tidak ikut bermain saat timnya bertandang ke markas Dynamo Kiev. Saat itu, Koeman sengaja meninggalkan Messi untuk beristirahat setelah tampil di seluruh pertandingan Barcelona sebelumnya ditambah empat pertandingan internasional bersama Argentina. 

Meski tanpa Messi, Barcelona saat itu juga berhasil memetik kemenangan dengan skor 1-2. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertimbangan Koeman

Bermain tanpa Messi tentu menjadi pertaruhan berat bagi Barcelona. Sebab selama ini, tim asal Catalonia itu dikenal sangat ketergantungan dengan sosok pemegang enam gelar Ballon d'Or tersebut. 

Hanya saja, Koeman tentu punya pertimbangan lain. Hal ini seperti sempat diungkapkannya jelang pertandingan melawan Ferencvaros. "Saya mengerti bahwa bukan hal yang biasa bagi Messi untuk istirahat. Namun dalam jadwal ini, kami hanya punya dua momen untuk dia bisa istirahat, yakni saat pertandingan di Kiev dan besok," kata Koeman dalam jumpa pers jelang duel melawan Ferencvaros.

"Kami akan beri kesempatan kepada pemain lain dan pertandingan Sabtu sangat penting. Kami perlu menang. Hanya ada dua kesempatan mengistirahatkannya, tapi setelah itu dia tidak akan istirahat."

Martin Braithwaite yang diplot menggantikan posisi Messi berhasil menjawab kepercayaan dari Koeman dengan mencatatkan namanya di papan skor.  Ini merupakan gol keempat yang dilesakkan pemain berusia 29 tahun itu bersama Barca dan menjadi gol ketiganya di Liga Champions musim ini. 

 

3 dari 4 halaman

Pendapat Rivaldo

Sebelumnya, mantan pemain Barcelona, Rivaldo punya pandangan berbeda tentang penampilan Barcelona tanpa Messi. Seperti dilansir dari Goal, Rivaldo menganggap kemenangan yang diraih justru memperlihatkan kesiapan Barcelona mengantisipasi kepergian Messi yang mungkin terjadi kapan saja. 

Rivaldo awalnya menganggap Barcelona bakal mampu mempertahankan Messi di Camp Nou. Namun belakangan, nadanya sedikit berubah apalagi setelah melihat penampilan Barcelona tanpa Messi. 

"Barcelona meraih kemenangan yang bagus di Liga Champions saat bertandang ke Ukraina di mana performa mereka tanpa Messi tampak lebih solid dan ini kabar baik untuk tim," katanya kepada Betfair.

"Saat ini, tim bermain lebih baik melawan Dynamo Kiev ketimbang saat menjamu mereka di Camp Nou. Jadi ada dua alasan di balik kinejra positif itu: Messi istirahat setelah menjalani laga internasional dan pemain lain seperti Antoine Griezmann dan Martin Braithwaite punya kesempatan unjuk maju."     

 

 

4 dari 4 halaman

Komentar Selanjutnya

"Di bagian lain musim ini - dan mungkin musim depan - Messi mungkin tidak ada dan pemain lain harus muncul, jadi bagus bagi tim untuk mulai membiasakan diri dan pada saat yang sama mendapatkan kepercayaan diri sendiri tanpa kehadirannya, bintang utama mereka di lapangan."

“Tentu, saya yakin Koeman tidak melibatkan Messi dari permainan ini hanya untuk mengistirahatkannya karena itu bukan laga menentukan sebab Barcelona hampir lolos. Namun jika saya adalah manajer Barcelona, ​​saya ingin Messi berada di lapangan sepanjang waktu," bebernya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.