Sukses

Dorna Prediksi Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Selesai di Pertengahan 2021

Dorna masih menjadikan sirkuit mandalika sebagai cadangan ketiga, tapi terbuka untuk mengubah jadwal MotoGP 2021.

Liputan6.com, Barcelona- Penyelenggara MotoGP, Dorna memprediksi sirkuit Mandalika sudah siap untuk melakoni debut pada pertengahan 2021. Mandalika menjadi tiga sirkuit cadangan yang disiapkan untuk MotoGP 2021 selain Portimao dan Igora Drive di Rusia.

Ini membuat Dorna merombak jadwal MotoGP 2021 sangat mungkin terjadi.

"Saat ini kami punya jadwal 20 seri di kalender, tapi tak mungkin untuk menggelar semua. Kalau memang tak mungkin, kami akan jadikan Rusia sebagai cadangan kedua setelah Portimao," ujar CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta seperti dikutip crash.

Ini membuat sirkuit jalanan Mandalika menjadi cadangan ketiga. Seperti sikruit Kymiring di Finlandia, sirkuit ini masih harus jalani homologasi.

Perubahan kalender MotoGP juga bisa membuat ada kemungkinan seluruh sirkuit cadangan dapat kesempatan gelar MotoGP. Ini tentu jadi sebuah kejutan, lansir crash.

 

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dipercepat

Saat ini pengerjaan sirkuit Mandalika sedang dipercepat. Bahkan pembuatan penghalang "Geoburg Concrete" bakal dilakukan langsung di Mandalika.

Perusahaan Swiss yang membuat pembatas itu sudah mengirimkan 31 mesin pencetak untuk membuat penghalang di setiap tikungan. Selain itu ada 1.550 panel pagar yang akan tiba di Lombok pada Januari.

 

3 dari 4 halaman

Sirkuit Cepat

Sirkuit jalanan Mandalika memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit ini harus memenuhi standar FIM Class A dan juga FIA Grade 1 level.

Meski memiliki tikungan kurang dari 17 tikungan, sirkuit ini dinilai memiliki karakter cepat.

"Kami bicara dengan banyak pembalap saat membuat desain dan semuanya menilai ini jadi sirkuit paling cepat di kalender MotoGP," kata Mark Hughes COO Interim Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC).

 

4 dari 4 halaman

Jalanan Biasa

 

Saat tak dipakai balapan, aspal disini bakal digunakan untuk publik yang akan memasuki fasilitas. Area run off di sini harus dibuat lebih luas dari yang biasa.

"Itu tantangan terbesar karena itu memakan lahan yang besar di semua sisi," ujarnya.

Kalau jadi, MotoGP Mandalika bakal jadi salah satu venue dengan jumlah penonton terbesar yang mencapai 150 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.