Sukses

INFOGRAFIS: Saatnya Lahir Juara Baru MotoGP, Apakah Joan Mir?

Joan Mir bakal menjadi juara baru di MotoGP setelah dominasi Marc Marquez harus terhenti di 2020.

Liputan6.com, Jakarta Joan Mir di ambang menjadi juara dunia MotoGP 2020. Dia kini punya dua saingan terdekat yaitu Alex Rins, pembalap Suzuki dan pembalap Petronas yamaha, Fabio Quartararo.

Joan Mir kini mengoleksi 162 poin atau unggul 37 poin dari Alex Rins dan Fabio Quartararo. Mir hanya butuh podium untuk merebut gelar juara dunia di MotoGP Valencia yang berlangsung besok.

Mir, pemuda 23 tahun asal Spanyol ini tak pernah diunggulkan di awal musim. Pada seri pertama, dia bahkan tidak finis balapan di MotoGP Jerez.

Dia bahkan dua kali tidak finis setelah mengalami trouble di MotoGP Republik Ceko. Peruntungan Joan Mir mulai terlihat saat dia rebut podium dua di MotoGP Austria.

Dia nyaris mengulanginya di MotoGP Styria, tapi bendera merah halangi ritmenya. Saat balapan di restart, dia harus puas berada di posisi keempat.

 

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Hapus Masalah

Ada dua seri MotoGP yang masih tersisa untuk dikejar poinnya. Kalao Mir mampu menang atau minimal posisi tiga, dia sudah bisa jadi juara di MotoGP Valencia.

Joan Mir mengaku tak pernah khawatir gagal menang di MotoGP. Namun dia harus menghilangkan pikiran podium satu dari kepalanya.

"Saya tak pernah khawatir, tapi itu sesuatu yang harus saya hapus dari pikiran saya," ujarnya seperti dikutip Motorsport.

 

3 dari 6 halaman

Kunci Juara

Mir mengatakan banyak momen dimana bisa menjadi kunci keberhasilannya menjadi juara MotoGP. Kemenangan di MotoGP Eropa bukan segalanya.

"Momen kunci di musim ini dimana kami tak favorit tapi masih bisa rebut podium. Juga tentu saat saya berhasil menang di sini," ujarnya.

"MotoGP Styria salah satu peluang besar yang bisa diraih, tapi saya gagal memanfaatkannya. Kemenangan penting, tapi di musim seperti sekarang lebih baik...Menang bagus, tapi podium juga bagus."

 

4 dari 6 halaman

Alex Rins Penasaran

Alex Rins melesat ke posisi dua klasemen bersama Fabio Quartararo usai meraih podium dua di MotoGP Eropa yang berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (8/11/2020). Rins kini tertinggal 37 poin atas Joan Mir di klasemen MotoGP 2020.

Menjelang MotoGP Valencia yang juga digelar di Ricardo Tormo pekan ini, kepercayaan diri Alex Rins jadi bertambah tinggi. Kini dia pun mulai berpikir untuk mengejar gelar juara.

Dia siap perang habis-habisan untuk mengejar gelar juara MotoGP. Dia akan berhenti saat peluang itu sudah tak didapatkan.

"Secara matematis, masih ada 50 poin untuk didapatkan. Ini poin yang bisa didapatkan," ujar Rins seperti dikutip Motorsport.

"Joan Mir jalani musim yang hebat dengan banyak podium. Tapi mengapa tidak bersaing saja untuk gelar juara saat masih ada peluang?"

 

5 dari 6 halaman

Pesan Suzuki

 

Karena persaingan di antara kedua pembalap, Suzuki pun harus mengeluarkan peringatan kepada pembalap. Hingga kini, Rins mengatakan tak ada instruksi untuk melakukan team order.

"Pada akhirnya mereka memberi pesan kepada kami agar saling menghormati di trek, tanpa senggol-senggolan," ujarnya.

 

6 dari 6 halaman

Infografis

Infografis ini dibuat sebelum MotoGP Valencia dimulai:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.