Sukses

5 Klub Sepak Bola Terkaya di Liga Inggris

Manchester United menjadi klub sepak bola terkaya di Liga Inggris. Selain itu, ada Manchester City dan Chelsea.

Liputan6.com, Jakarta - Liga Inggris adalah sala satu kompetisi yang paling banyak diikuti di dunia. Tidak mengherankan jikabeberapa klub sepak bola terkaya di dunia juga berasal dari Inggris.

Seperti di negara lainnya, klub-klub Liga Inggris tidak hanya harus tampil bagus di lapangan. Namun, mereka juga harus dikelola sebaik mungkin agar bisa dihitung sebagai klub sukses.

Hal ini disebabkan sepak bola telah menjadi olahraga paling populer di planet ini. Sepak bola memiliki potensi besar untuk komersialisasi.

Dengan demikian, klub-klub terbesar di dunia berkembang menjadi merek yang meraup uang dalam jumlah luar biasa. Uang itu didapat melalui kesepakatan sponsor, pendapatan penyiaran pertandingan, dan hadiah uang.

Berikut 5 klub sepak bola terkaya di Liga Inggris seperti dikutip dari Sportskeeda.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Liverpool

Pendapatan: 613 juta euro

Nilai: 2183 juta euro

Di bawah asuhan Jurgen Klopp, Liverpool telah berkembang menjadi salah satu tim terbaik di Eropa. The Reds memenangkan Liga Champions 2018-19 dan kemudian Liga Inggris pada musim 2019-20.

Liverpool telah berinvestasi dengan bijak di bursa transfer. The Reds mendapatkan keuntungan besar dari uang yang mereka keluarkan untuk pemain seperti Mohamed Salah, Virgil Van Dijk, Sadio Mane, dan lain-lain.

Dengan demikian, nilai Merseysiders telah berkembang pesat. Tidak mengherankan jika pendapatan penyiaran Liverpool meningkat tajam.

Liverpool tumbuh di bidang komersial dan mereka diharapkan untuk menempati peringkat yang lebih tinggi dalam beberapa tahun mendatang. Ini Salah dan kawan-kawan bisa mempertahankan performa bagus mereka di lapangan.

 

 

 

3 dari 6 halaman

4. Arsenal

Pendapatan: 520 juta euro

Nilai: 2267 juta euto

Arsenal sedang melalui masa-masa sulit. Arsene Wenger meninggalkan klub setelah dua dekade bertugas dan dia digantikan oleh Unai Emery yang harus dipecat saat klub mulai mencapai titik terendah baru.

Namun, keadaan sekarang membaik setelah penunjukan Mikel Arteta sebagai manajer. Ada rasa optimisme yang kuat tentang The Gunners, akhir-akhir ini. Salah satu tim paling dominan di Liga Inggris dalam dekade pertama abad ke-21, Arsenal telah lama dikenal dengan merek sepak bola mereka yang menarik.

Arsenal harus buru-buru membayar untuk stadion baru mereka. Selain itu, pemilik telah menunjukkan lebih banyak ambisi di bursa transfer dengan menghabiskan banyak uang kendati kurang memuaskan para penggemar.

Tapi, kegagalan lolos ke Liga Champions musim ini membuat situasi keuangan Arsenal akan terpukul tahun ini.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Chelsea

Pendapatan: 597 juta euro

Nilai: 2576 juta euro

Chelsea telah menjadi salah satu klub terkaya di Eropa sejak Roman Abramovich membeli klub tersebut. Miliarder asal Rusia tersebut sudah memberi banyak uang ke klub dalam upayanya untuk membuat The Blues tampil di level tertinggi.

Bursa transfer musim panas lalu cukup menguji bagi sebagian besar klub karena mereka sangat terpukul secara finansial oleh pandemi Covid-19. Tapi, Chelsea bisa menghabiskan banyak uang berkat kekuatan finansial Abramovich dan mendatangkan beberapa talenta muda terbaik di Eropa.

Chelsea sudah memenangkan banyak hal selama dua dekade terakhir. The Blues terus mencoba untuk terus mempertahankan standar tinggi untuk diri mereka sendiri dan para penggemar yang tersebar di seluruh dunia.

 

 

5 dari 6 halaman

2. Manchester City

Pendapatan: 678 juta euro

Nilai: 2688 juta euro

Manchester City menjadi klub terkenal di Inggris dan Eropa setelah diambil alih oleh taipan Abu Dhabi Khaldoon Al Mubarak. Sejak itu, mereka menjadi salah satu klub terkaya di dunia.

Manchester City telah menghabiskan uang di bursa transfer, tidak seperti klub lain. The Citizens juga menjadi tim paling dominan di Liga Inggris selama dekade terakhir.

Mereka tidak hanya mampu mengikat beberapa talenta terbaik di dunia, tetapi juga memiliki pengaruh untuk mempekerjakan beberapa manajer sepak bola hebat. Mereka saat ini dipimpin Pep Guardiola yang terkenal sebagai salah satu juru taktik terbaik di permainan modern.

Sejauh ini, Manchester City belum mampu memenangi trofi Liga Champions. Tetapi, dominasi di liga domestik akan membuat Manchester City naik ke daftar yang lebih tinggi.

 

 

6 dari 6 halaman

1. Manchester United

Pendapatan: 765 juta euro

Nilai: 3983 juta euro

Meski terakhir kali menjadi juara Liga Inggris pada 2013, Manchester United (MU) telah menunjukkan tanda-tanda kehidupan akhir-akhir ini. MU selalu menjadi raksasa sepak bola dan klub paling dominan di Inggris dalam dekade pertama abad ke-21.

MU terkenal karena pemborosan di bursa transfer dan memiliki rentetan pemain terkenal yang pada akhirnya tidak berhasil. Namun, Setan Merah tampaknya akan membuka lembaran baru di bawah Ole Gunnar Solskjaer.

MU adalah salah satu klub yang paling dikagumi dan diikuti di dunia. Setan Merah terus meraup beberapa kesepakatan sponsor yang paling menguntungkan berdasarkan pengaruh mereka yang jelas.

Meski kesulitan belakangan ini, MU tidak terlalu lama absen di Liga Champions, sehingga pendapatan siaran mereka juga tidak terlalu merosot. Alhasil, MU terus menjadi klub terkaya di Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Berita Bola