Sukses

Kompetisi Bola Voli Proliga 2021 Resmi Diundur Akibat Pandemi Covid-19 Belum Mereda

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi bola voli Proliga 2021 resmi diundur. Keputusan ini diambil karena wabah corona Covid-19 yang belum sepenuhnya mereda.

Berdasarkan surat keputusan PBVSI yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Rabu (28/10/2020), ada beberapa pertimbangan yang membuat kompetisi bola voli Proliga tahun depan terpaksa diundur. Salah satunya secara finansial sumber dana yang masih ditentukan oleh sponsor.

"Sampai saat ini sponsor yang diharapkan masih bersikap menunggu situasi dan perkembangan dari kasus Covid-19," demikian bunyi surat PBVSI yang ditandatangani Direkrut Proliga Hanny S. Surkatty.

Akibat pandemi Covid-19, anggaran penyelenggaraan Proliga menjadi membengkak. "Dalam situasi pandemi ini, lebih besar dari anggaran biaya penyelenggaraan pada masa normal," bunyi surat PBVSI selanjutnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Risiko Tinggi

Selain itu, risiko menggelar Proliga 2021 sebelum wabah Covid-19 terkendali juga sangat tinggi. "Karena, apabila di pertengahan jalan dalam pertandingan ditemukan kasus positiv Covid-19 dari salah satu tim atau panitia, maka akibatnya pertandingan otomatis distop atu dihentikan," kata PBVSI dalam suratnya.

Jika begitu, maka bakal timbul masalah baru. "Yaitu tingginya biaya akibat dari temuan kasus tersebut," lanjut pernyataan PBVSI. 

3 dari 4 halaman

Tanpa Penonton

Seperti diberitakan sebelumnya, Proliga 2021 dijadwalkan digelar mulai 31 Januari hingga 28 Februari. Kompetisi bola voli kasta tertinggi di Indonesia itu bakal dimainkan di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Rencananya, Proliga 2021 diikuti tujuh tim putra dan lima tim putri. Di putra ada dua pendatang baru, yakni Sukun Badak dan Lavani.

Lima tim lainnya adalah Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Energi, Palembang Bank SumselBabel, dan Lamongan Sadang MHS. Sementara peserta tahun lalu, Jakarta Garuda menyatakan mundur.

Sedangkan di bagian putri ada Jakarta Pertamina Energi, Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jakarta BNI 46, Bandung Bank bjb, dan Gresik Petrokimia Puslatda KONI Jatim.

4 dari 4 halaman

Segera Berakhir

PBVSI berharap wabah corona Covid-19 cepat sedera berakhir. Sehingga jadwal yang telah ditetapkan pada periode tengah 2021 tidak berubah lagi dan berjalan sesuai rencana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.