Sukses

Covid-19 Melonjak, Kejuaraan Balap Simulator Kembali Digelar

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi virus corona Covid-19 di Indonesia semakin memprihatinkan saja memasuki bulan September. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terpaksa kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai 14 September 2020 lalu.

Dengan kembali diberlakukannya PSBB ketat, maka masyarakat dihimbau untuk tetap berada di rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah di rumah. Kebijakan ini diambil untuk menekan penyebaran virus corona Covid-19 yang kasusnya terus meningkat.

Praktis banyak kegiatan olahraga yang kembali tak bisa digelar termasuk balapan mobil. Kondisi ini membuat tim Balap di Rumah (BDR) yang terdiri Rizal Sungkar, Bani Ismiarso, Rama Danindro, Ilham Shaq, Andika Rama Maulana, Jalu Prawira, Tubagus Farhan, dan Putra Baliwa, kembali menyelenggarakan kejuaraan balap simulator.

Hal ini bertujuan agar para pencinta otomotif di tanah air dan khususnya mereka yang gemar bermain sim racing, bisa mengisi waktu di rumah dengan mengikuti balap simulator online yang berkualitas.

Sebelumnya, saat PSBB pertama yang bertepatan dengan bulan Ramadhan pada Mei 2020 lalu, BDR sukses mengukir sejarah sebagai balap simulator online pertama di Indonesia dengan rekor jumlah peserta yang fantastis hingga 83 peserta. Kala itu, Tim BDR mengangkat tema Ramadhan Balap Indonesia. Kali ini, BDR kembali menghadirkan kompetisi serupa dengan tema 'Race Against Pandemic'. Panitia Balap di Rumah menjelaskan, kompetisi kali ini Kembali digelar bertepatan dengan PSBB di Jakarta.

 

 

2 dari 4 halaman

Konsep

Konsep yang diusung BDR masih sama dengan edisi perdana yaitu menghadirkan persaingan antara pembalap simulator dengan pembalap profesional yang memang berkarir di kejuaraan balap sesungguhnya.

"Kita masih menerapkan konsep yang sama. BDR ini konsepnya adalah pembalap simulator (sim racer) berkompetisi dengan pembalap pro. Konsep ini menjadi ciri khas BDR. Kami berharap edisi BDR Race Against Pandemic kali ini bisa lebih sukses dibandingkan edisi sebelumnya yang mengangkat tema Ramadhan Balap Indonesia,” ungkap Rizal Sungkar, Organizing Committee Balap di Rumah.

3 dari 4 halaman

Dimulai 26 September 2020

Pihak penyelenggara sudah membuka pendaftaran melalui tautan bit.ly/registrasibdr dan juga merilis rangkaian jadwal BDR 2020, yakni sebanyak lima putaran plus satu kali test race pada tanggal 23 September di Sirkuit virtual Red Bull Ring, Austria.

Putaran pertama akan digelar pada tanggal 26 September di Nurburgring, kemudian dilanjutkan dengan putaran kedua di Spa Francorchamps tanggal 3 Oktober, putaran ketiga di Mugello tanggal 10 Oktober, kemudian putaran keempat Silverstone tanggal 17 Oktober, dan Balap di Rumah Race Against Pandemic ditutup dengan seri penutup di Imola tanggal 24 Oktober.

“Selain hadir di DTM & Formula-E, Sim Racing merupakan salah satu pilar penting dari BMW Motorsport. Dukungan BMW Indonesia pada kejuaraan balap simulator Balap di Rumah: Race Against Pandemic ini tidak hanya sejalan dengan strategi BMW Motorsport, dan semangat menghadirkan program inovatif untuk pelanggan, namun juga untuk turut serta memajukan e-sports di tanah air yang terus berkembang pesat," kata Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: