Sukses

Ngotot Timnas U-19 TC di Korsel, Shin Tae-yong Ingin Tiru Sukses Guus Hiddink

Seoul - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, punya alasan khusus bersikeras menggelar pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan. Kesuksesan Timnas Korea Selatan pada era Guus Hiddink ternyata menginspirasi Shin Tae-yong dalam menggelar pemusatan latihan di luar negeri.

Ketika itu, Guus Hiddink memang membawa Korea Selatan menggelar pemusatan latihan di luar negeri. Hasilnya, Korea Selatan ketika itu mampu melangkah jauh di Piala Dunia 2002, yakni sampai babak semifinal.

Situasi itulah yang ingin dilakukan Shin Tae-yong kepada Timnas Indonesia U-19. Menurut Shin Tae-yong, membawa Timnas Indonesia U-19 ke luar negeri bakal bagus untuk mental bertanding.

"Fakta Timnas Korea Selatan mampu mencapai hasil luar biasa di Piala Dunia 2002 adalah hasil dari pelatihan yang berkelanjutan di luar negeri," kata Shin Tae-yong seperti dikutip KBS, Selasa (23/6/2020).

"Bahkan, jika mereka kalah dengan skor 0-5 di luar negeri, Guus Hiddink menilai level penampilan Korea Selatan sudah naik," ucap Shin Tae-yong.

Namun, keinginan Shin Tae-yong sulit terealisasi. PSSI enggan merealisasikan keinginan tersebut dengan berbagai pertimbangan dan memilih Timnas Indonesia U-19 untuk pemusatan latihan di Indonesia.

2 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Melunak

Shin Tae-yong belakangan tidak ingin mempermasalahan tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 dibesar-besarkan. Pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu mengaku siap menggelar pemusatan latihan di mana saja.

"Ini bukan tentang konflik dengan PSSI, tapi pemilihan tempat pemusatan latihan. Media lokal memberitakan saya memiliki konflik dan berselisih dengan PSSI. Itu tidak penting sekarang," kata Shin Tae-yong seperti dikutip KBS, Minggu (21/6/2020).

 

3 dari 3 halaman

Demi Masyarakat Indonesia

"Paling penting buat masyarakat Indonesia adalah perkembangan tim sepak bolanya dalam mencapai prestasi. Saya memang berencana untuk membawa Timnas Indonesia U-19 ke Gyeongju dan berlatih di sana, tapi sekarang saya bersedia melatih di mana saja," tegas Shin Tae-yong.

PSSI meminta Shin Tae-yong untuk segera kembali ke Indonesia. Rencananya, pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 bakal digelar pada Juli 2020.

Sumber: KBS

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap/Benediktus Gerendo P., published 23/6/2020)