Sukses

LPDUK Kemenpora Bantu Cabang Olahraga Gelar Kegiatan Online

LPDUK Kemenpora tidak hanya membantu pendanaan atau sponsor olahraga tapi juga kini menyiapkan fasilitas untuk cabor yang ingin menggelar kejuaraan online.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora tak hanya bergerak untuk membantu cabang olahraga dalam pencarian dan pengelolaan dana sponsor. Kini, LPDUK juga siap untuk membantu menyiapkan pendukung untuk kompetisi, pelatihan atau kegiatan keolahragaan lain yang akan dilakukan secara online.

Di tengah situasi pandemi Virus Corona Covid-19 yang masih dihadapi, kegiatan keolahragaan secara online dinilai efektif atau paling memungkinkan dilaksanakan guna menjaga dan meningkatkan performa dan prestasi atlet.

"Banyak kreativitas yang bisa dilakukan cabang olahraga bersama-sama dengan LPDUK. Kami sedang menyiapkan fasilitas pendukung kegiatan keolahragaan secara online di kantor baru LPDUK di Jalan KH Ahmad Dahlan Kebayoran Baru. Tidak hanya untuk kompetisi, kegiatan online lewat zoom, youtube atau lainnya, juga bisa digunakan untuk pelatihan, sertifikasi wasit atau pelatih dan sebagainya," ujar Kepala Divisi Pendanaan dan Pengembangan Usaha Keolahragaan, Agus Mauro seperti rilis yang diterima media.

Agus Mauro mengapresiasi Pengurus Besar Persatuan Menembak Indonesia (PB Perbakin) yang sudah melakukan kompetisi online dan diikuti dengan antusias oleh daerah-darah sehingga tetap meriah seperti Kejurnas biasa. Kejuaraan online ini tentu daja dapat membantu memotovasi atlet untuk menjaga intensitas berlatih dan bertanding saat situasi pandemi.

"Kondisi atlet dan pelatih tetap terpantau dan terjaga untuk menghadapi berbagai event internasional ke depan. Karena direkam, setiap atlet juga bisa mengevaluasi penampilannya lewat tayangan youtube," ujar Agus menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inovasi

Ketua Umum PB Perbakin, Letjen TNI Joni Supriyanto menjelaskan, pihaknya sudah menggelar kompetisi secara online sejak April dan Mei lalu sebagai bentuk inovasi di tengah Pandemi.

"Pengprov Perbakin diharapkan bisa melakukan hal serupa. Para atlet dan pelatih serta ofisial harus tetap memperhatikan protokol Kesehatan dan menjaga jarak fisik," kata Joni seperti disampaikan oleh Ketua Harian PB Perbakin, Siswanto.

Sekjen PB Perbakin, Firtian Judiswandarta menambahkan, kompetisi secara online yang dilakukan PB Perbakin sudah dicontoh oleh organisasi olahraga menembak India dan beberapa negara lain juga akan segera menyusul.

"Ke depan mungkin PB Perbakin bisa kerjasama dengan LPDUK untuk membuat kompetisi level internasional, mulai tingkat Asia Tenggara, Asia hingga dunia," ucapnya.

Online Shooting Championship ke-3 PB Perbakin ke-3 digelar 13-14 Juni 2020, mempertandingkan kelas Air Rifle and Pistol, Free Pistol dan Rifle Prono and 3 Position. Sekitar 200 atlet dari seluruh Pengprov Perbakin mengikuti kejuaraan yang ditayangkan langsung di kanal youtube LPDUK TV ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.