Sukses

Serie A Bakal Bergulir Hampir Setiap Hari Mulai 20 Juni 2020

Penentuan gelar scudetto kemungkinan bakal berlangsung pada 20 Juli 2020.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Italia telah memberikan lampu hijau kepada operator Serie A untuk melanjutkan kompetisi musim ini. Rencananya, liga tertinggi di Negeri Pizza itu akan berlangsung lagi mulai 20 Juni 2020.

Sejumlah protokol kesehatan telah dijalani klub-klub sebelum kembali tampil di lapangan. Serangkaian tes Covid-19 juga sudah dijalani oleh para pemain, staf, hingga para petugas pertandingan.

Perdebatan masih muncul bahkan hingga rapat terakhir digelar Rabu lalu. Meski demikian, seperti dilansir AS, operator Serie A akhirnya merilis hampir seluruh jadwal pertandingan yang masih tersisa.

Sejauh ini hanya ada tiga pekan yang belum diputuskan. Nasib yang sama juga dialami rencana lanjutan semifinal Coppa Italia mempertemukan Juventus vs AC Milan dan Napoli vs Inter Milan. Kedua laga ini seharusnya berlangsung 12 dan 13 Juni dan final seharusnya digelar pada 17 Juni 2020. Namun pihak penyelenggara masih ragu karena pertandingan ini hanya berjarak beberapa hari saja. 

Seperti diketahui, Serie A telah berhenti sejak 9 Maret 2020 lalu. Pemerintah Italia melarang seluruh kegiatan yang melibatkan massa, termasuk olahraga guna menekan penyebaran virus Corona Covid-19. Kebijakan ini juga sejalan dengan pemberlakuan penguncian wilayah atau lockdown di sana. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pertandingan Hampir Setiap Hari

Saat ini, pemerintah Italia sudah mulai melonggarkan aturan lockdown di negaranya. Kesempatan ini segera dimanfaatkan oleh operator Serie A untuk menyelesaikan kompetisi yang masih tersisa.

Pertandingan akan diawali pada 20 Juni 2020. Di hari pertama dan kedua (20 dan 21 Juni 2020), Serie A akan menyelesaikan empat pertandingan pada pekan ke-25 yang masih tertunda. Sementara seluruh pertandingan pada pekan ke-27 akan diselesaikan pada hari berikutnya, yakni 22 Juni 2020. 

Seluruh pertandingan akan berlangsung hingga 23 Juli 2020 di mana pertandingan bakal berlangsung hampir setiap hari dan mayoritas laga berlangsung pada pukul 21.45 waktu setempat. Sementara 8 laga lainnya digelar mulai pukul 17.15, termasuk AC Milan vs Roma dan Juventus vs Torino.

Hanya ada lima hari kosong dalam rentang waktu tersebut, yakni 25 Juni, 29 Juni, 3 Juli,10 Juli, dan 17 Juli.

 

3 dari 5 halaman

Penentuan Scudetto

Bergulirnya Seria A membuat persaingan menuju scudetto antara Juventus dan Lazio kembali terbuka. Saat ini, Juventus masih memimpin klasemen Serie A dengan torehan 63 poin dari 26 laga.

Posisi ini masih rentan mengingat Lazio menguntit dengan selisih 1 poin. Dan penentuan gelar juara bukan tidak mungkin bakal terjadi saat kedua tim bertemu pada 20 Juli mendatang.  

 

 

4 dari 5 halaman

Jadwal pekan pertama Serie A 2020

20 Juni 2020

Torino vs Parma

Verona vs Cagliari

21 Juni 2020

Atalanta vs Sassuolo

Inter Milan vs Sampdoria

5 dari 5 halaman

Klasemen Serie A

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.