Sukses

Kerap Jadi Sasaran Vandalisme, Patung Zlatan Ibrahimovic Minggat

Jakarta Aksi perusakan patungĀ Zlatan Ibrahimovic terus terjadi di kota tempat patung itu ada, Malmo. Dewan kota Malmo pun tidak tinggal diam menyikapi aksi tersebut.

Menurut laporan surat kabar lokal, The Sydsvenskan, dewan kota Malmo siap membuat keputusan untuk memindahkan patung tersebut dan sedang meminta saran dari klub Malmo FF, di mana patung itu akan dipindahkan.

Meski begitu, CEO Malmo FF, Niclas Carlnen, kepada The Sydsvenskan mengaku tidak mengetahui rencana dewan kota dan tak bersedia memberikan komentar perihal rencana pemindahan patung Zlatan Ibrahimovic tersebut.

Patung seberat 500 kg dari perunggu ini kali pertama diperlihatkan kepada publik pada Oktober lalu. Letaknya ada di bagian dalam kompleks stadion Malmo FF. Patung itu sebagai bentuk penghargaan atas jasa Ibrahimovic, satu di antara olahragawan terbaik di Swedia.

Patung ini hasil desain pemahat bernama Peter Linde, memiliki tinggi sekitar 3 meter, dan memperlihatkanĀ Zlatan Ibrahimovic yang berdiri bertelanjang dada dengan tangan terentang.

Butuh 500 ribu krona Swiss (Rp756 juta) untuk membuat patung ini, dengan biaya perkiraan biaya pemeliharan tahunan sebesar 15 ribu krona Swiss (Rp22,6 juta) yang dibayarkan oleh pemerintah kota Malmo.

2 dari 2 halaman

Dipindah ke Stockholm?

Patung ini sudah dirusak beberapa kali, mulai disemprot cat hingga hidung dan pergelangan kakinya digergaji.

Vandalisme ini dimulai setelah terungkap bahwa Zlatan IbrahimovicĀ merupakan salah seorang pemilik Hammarby IF, klub yang berbasis di Stockholm dan merupakan rival Malmo FF.

Sejak kerap jadi objek vandalisme, patung tersebut telah dilepas dari tempatnya pada awal Januari lalu dan disimpan di tempat rahasia.

Banyak kalangan menyarankan agar patung itu dipindahkan ke Stockholm, kota di mana klub milik Ibrahimovic berada, dan The Swedish FA (Asosiasi Sepak Bola Swedia) yang akan bertugas menempatkan patung ini, berbasis.

Sumber: ESPN

Disadur dari: Bola.com

Penulis: Aning Jati

Tontowi Ahmad Pensiun, Gantung Raket dari Bulu Tangkis