Sukses

Bukan Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Vietnam Masuk Daftar 40 Selebritas Paling Berpengaruh di Korsel

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, masuk jajaran 40 selebritas paling berpengaruh di Korea Selatan pada 2020 versi Forbes. Dia menjadi satu-satunya pelatih dalam daftar itu.

Jakarta- Kehebatan Park Hang-seo dalam meracik taktik untuk Timnas Vietnam senior dan U-22 mengantarnya ke level baru. Park tak hanya dikenal sebagai pelatih mumpuni, namun sudah masuk jajaran selebritas di Korea Selatan.

Belum lama ini Park Hang-seo berada di urutan ke-38 dalam daftar 40 selebritas paling berpengaruh di Korea Selatan pada 2020 versi Forbes edisi Korea Selatan.

Park mengumpulkan poin 21,5, dan menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil masuk daftar. Bahkan mengalahkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang notabene menjabat sebagai pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Daftar ini dikeluarkan per tahun, me-ranking pesohor dari kalangan olahraga, musik, seni, film, dan televisi berdasarkan pada prestasi profesional, pengaruh, popularitas, dan pendapatan selama tahun lalu.

Bisa ditebak, posisi puncak daftar ini dihuni superstar K-Pop, BTS, disusul pebisbol kenamaan, Ryu Hyun-jin, dan grup K-Pop, Blackpink, di urutan ketiga.

Sementara, menurut Forbes, Park mengharumkan negara setelah beberapa tahun sukses melatih Timnas Vietnam.

Kesuksesan Park Hang-seo bersama Timnas Vienam memang cukup terasa di negara asal, Korea Selatan. Tak hanya dielu-elukan di Vietnam, pelatih berusia 61 tahun ini juga sangat mendapat perhatian di Negeri Ginseng.

Keingintahuan warga Negeri Ginseng atas kiprah melatih Park di Vietnam bahkan sempat membuat televisi di Korea Selatan ikut membeli hak siar turnamen yang diikuti atau pertandingan yang dijalani Timnas Vietnam. Padahal, turnamen atau pertandingan itu sama sekali tak berkaitan dengan Timnas Korea Selatan.

Selain itu, juga ditunjang keberadaan warga Vietnam di Korea Selatan yang tak sedikit. Alhasil, rating pertandingan Timnas Vietnam di Negara Ginseng lumayan tinggi.

Bahkan, beberapa waktu lalu ada pula variety show Korea Selatan yang rela terbang ke Hanoi, menjadikan Park Hang-seo sebagai bintang tamu acara mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gaji Mendekati Rp800 Juta per Bulan

Park Hang-seo tiba di Vietnam pada 2017. Sejak itu ia membawa Timnas Vietnam menorehkan beberapa tinta emas.

Prestasinya antara lain, membawa the Golden Stars mencapai semifinal Asian Games 2018, perempat final Piala Asia 2019, memenangi Piala AFF 2018, runner-up Piala AFC U-23 2018, dan untuk kali pertama meraih medali emas SEA Games pada edisi 2019 di Manila.

Pada akhir tahun lalu, Park meneken kontrak baru dengan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), yang akan membuatnya melatih Timnas Vietnam hingga tiga tahun ke depan.

Mantan asisten pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2002 ini mendapat gaji sekitar 50 ribu dolar AS (Rp746,2 juta) per bulan.

Sumber: VN Express

Disadur dari Bola.com (penulis Aning Jati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini