Sukses

Manfaat 5 Jenis Olah Raga Ini di Bulan Ramadan, Salah Satunya Beri Ketenangan Batin

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadan adalah momen bagi umat muslim untuk memperbanyak ibadah. Meski begitu, aktifitas atau kebiasan sehari-hari juga tentunya tak bisa dilupakan, termasuk olah raga.

Saat berpuasa di bulan Ramadan, kondisi tubuh yang sedang lemas kerap menjadikan kita terlalu malas untuk berolahraga.

Itu lantaran asupan nutrisi yang berkurang menjadikan energi yang dibutuhkan tubuh tidak tercukupi secara penuh.

Namun, hal tersebut seharusnya tidak menjadi halangan untuk tetap berolahraga. Meskipun ada hal-hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan jenis olahraga saat berpuasa. Selain itu, intensitas yang tepat juga perlu untuk diperhatikan.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut deretan olah raga yang bisa kamu lakukan ketika puasa Ramadan. Berbagai olah raga ini dijamin tidak bakal membuatmu mengalami kendala saat berpuasa.

2 dari 6 halaman

Yoga

Yoga juga menjadi salah satu olahraga ringan yang tetap bisa kamu lakukan saat sedang puasa. Olahraga yang berfokus pada pelatihan teknik pernapasan ini akan membantu memperlancar proses penyuplaian oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam otak.

Yoga yang dilakukan ketika puasa akan memberikanmu ketenangan batin dan kesehatan mental yang lebih maksimal.

3 dari 6 halaman

Bersepeda

Bersepeda bisa kamu lakukan selama berpuasa baik di luar ruangan atau juga menggunakan sepeda statis.

Kamu bisa melakukannya pagi hari setelah salat subuh atau sebelum buka. Kamu bisa melakukannya selama 45 menit untuk membakar sekitar 300-350 kalori.

4 dari 6 halaman

Jogging

Jogging atau lari-lari kecil merupakan olah raga yang bisa kamu lakukan di saat puasa. Kamu bisa jogging di pagi hari saat energi masih banyak.

Lakukan jogging selama 20-30 menit untuk membuat tubuhmu tetap bugar selama puasa.

5 dari 6 halaman

Jalan Cepat

Jalan cepat menjadi alternatif olahraga ringan yang bisa kamu lakukan selama berpuasa. Kamu bisa jalan kaki keliling kompleks rumah selepas sholat subuh atau saat sore hari menjelang berbuka. Kalori yang terbakar tetap maksimal dan kebugaran tubuh pun terjaga.

6 dari 6 halaman

Naik Turun Tangga

Memanfaatkan tangga di rumah juga bisa kamu lakukan sebagai olah raga ketika berpuasa. Kamu bisa naik turun tangga selama 10 menit dan lakukan dengan intensitas normal agar tidak dehidrasi.

Deretan olah raga tersebut bisa kamu lakukan dengan lancar sambil tetap berpuasa. Dengan melakukannya kamu bisa tetap bugar dan ibadah puasa juga tidak terganggu.

 

 

(Sumber: Merdeka.com/Rizky Wahyu Permana/RWP)