Sukses

4 Bacaan Zikir yang Disukai Allah SWT, usai Menjalankan Sholat

Setelah menjalankan ibadah sholat, umat muslim biasanya membaca doa dan berzikir kepada Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menjalankan ibadah sholat, umat muslim biasanya membaca doa dan berzikir kepada Allah SWT. Dengan berzikir, kita senantiasa dilimpahkan kebaikan oleh Allah SWT.

Dalam surat Al-Baqarah, Allah SWT berfirman:

"Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu" (QS. Al-Baqarah [2]: 152).

Perlu diketahui, ada beberapa kalimat yang bila dibaca dapat meningkatkan rasa cinta Allah kepada umat-Nya, terutama setelah sholat. Hal itu terdapat dalam hadist Rasulullah yang berbunyi:

"Diriwayatkan dari Samurah bin Jundub RA berkata: Rasulullah SAW bersabda, ‘Ucapan yang paling dicintai oleh Allah ada empat hal yaitu, subhanallah, wal hamdulillah, wa la ilaha illallah, wallahu akbar. Keempat kalimat ini boleh dimulai sesuai yang ia kehendaki.” (HR. Imam Muslim)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bentuk Pujian dan Rasa Syukur

Menurut Imam Al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa keempat zikir ini menyimpan ajaran tauhid dan bentuk pujian serta rasa syukur kepada Allah SWT.

Adapun zikir yang dimaksud yaitu subhanallah, wal hamdulillah, wa la ilaha illallah, dan wallahu akbar.

 

3 dari 4 halaman

Timbangan Kebaikan Bertambah

Dengan terus menerus membaca zikir tersebut, maka timbangan kebaikan kita akan bertambah. Hal ini merupakan harapan kita agar selalu diberikan rahmat oleh Allah SWT.

 

4 dari 4 halaman

Usai Sholat Fardhu

Keempat zikir tersebut dapat dilafalkan setelah menjalani sholat fardhu dan sunnah setiap hari, dengan jumlah sebanyak munkin. Kalian juga disarankan untuk membaca zikir lain, karena sesungguhnya setiap zikir itu baik.

 

(Camelia/Balwa Ramadhan/Mg)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.