Sukses

8 Cara Menjaga Anak Supaya Terhindar dari Paparan Virus Corona Covid-19

Seperti apa cara-cara menjaga anak supaya terhindar dari paparan virus corona. Berikut delapan di antaranya seperti yang disarankan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Jakarta - Penyebaran virus corona yang semakin masif di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, harus benar-benar diwaspadai. Berbagai anjuran dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) hingga pemerintah tentang cara menjaga diri supaya terhindar dari paparan virus corona sebisa mungkin diikuti dengan disiplin. 

Salah satu anjuran yang digaungkan di Indonesia adalah di rumah saja. Pemerintah menyarankan masyarakat bekerja dari rumah, belajar di rumah, bahkan beribadah di rumah. 

Jika tak ada keperluan yang mendesak disarankan untuk tidak pergi ke mana-mana. Selain itu, yang paling penting adalah menjaga jarak aman secara fisik supaya terhindar dari paparan COVID-19. 

Anjuran lain yang sangat penting adalah rajin mencuci tangan dengan sabun dan upayakan tidak menyentuh area wajah. Ada juga saran memakai masker saat bepergian ke luar rumah supaya meredam penyebaran virus corona. 

Bagi orang dewasa, anjuran-anjuran itu cukup mudah dimengerti. Masalahnya, memberi pengertian terhadap anak-anak terkait cara pencegahan virus corona membutuhkan trik khusus. 

Seperti apa cara-cara menjaga anak supaya terhindar dari paparan virus corona. Berikut delapan di antaranya seperti yang disarankan Dinas Kesehatan DKI Jakarta. 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menjaga Anak dari Risiko Terinfeksi COVID-19

1. Ajari anak tidak menyentuh wajah karena mulut, hidung, dam mata dapat menjadi pintu masuk virus.

2. Pastikan anak tetap di rumah.

3. Ajari anak cuci tangan. 

4. Jaga daya tahan tubuh anak. 

5. Pantau kondisi anak.

6. Hindarkan anak dari kontak fisik dengan orang lain (jaga jarak minimal) 1 meter.

7. Bawa anak ke teras rumah atau halaman pada pagi hari agar mendapatkan sinar matahari.

8. Rutin bersihkan mainan anak dengan disinfektan (kandungan alkohol 70 persen). 

Sumber: Dinas Kesehatan DKI Jakarta 

3 dari 3 halaman

#amandirumah

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.