Sukses

Kenali 5 Gejala Umum Terinfeksi Corona Covid-19

Jakarta - Penyebaran virus corona terbilang cepat. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per Kamis malam WIB (2/4/2020), lebih 900 ribu kasus positif COVID-19 terjadi di seluruh dunia. Sebagai catatan, virus corona SARS-CoV-2 kali pertama ditemukan pada Desember 2019.

Hingga kini pandemi virus corona masih belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

Dilansir dari Alo Dokter, COVID-19 mampu menyebabkan gangguan saluran pernapasan manusia. Virus corona merupakan strain baru, seiring waktu, gejala-gejala untuk mengidentifikasi seseorang apakah ia terpapar virus ini atau tidak, terus dikabarkan agar masyarakat memahami dengan benar.

Virus corona memiliki gejala yang serupa dengan flu biasa yang sering dialami, namun bisa berakibat fatal. Gejala yang umum terinfeksi virus corona, yakni mengalami hidung tersumbat, pilek, sakit kepala, hingga diare.

Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Virus corona bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Gejala-gejala tersebut muncul ketika tubuh bereaksi melawan virus corona. Meski, ada juga sejumlah orang yang terinfeksi virus corona tanpa memiliki gejala sakit sama sekali.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, gejala yang dialami ketika seseorang terpapar virus Corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19, Jumat (3/4/2020):

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala Ringan yang Harus Diwaspadai

Demam

Gejala Anda terinfeksi virus corona pertama  adalah mengalami demam tinggi seperti saat sedang flu. Jika suhu tubuh di atas 37,5, Anda harus waspada karena bisa jadi itu menjadi gejala virus corona.

Batuk

Orang terinfeksi virus corona, akan mengalami batuk kering dan rasa gatal di tenggorokan sebagai bentuk infeksi virus.

Hidung Tersumbat

Menurut WHO, hidung tersumbat menjadi satu di antara gejala terinfeksi virus corona. Namun, hanya lima persen penderita terinfeksi virus ini yang merasakan gejala ini,

Hidung tersumbat bisa dikaitkan dengan gejala penyakit lain, seperti alergi atau pilek.

Gangguan pernapasan

Virus corona menyerang sistem pernapasan. Bila sistem pernapasan yang diserang, orang yang terinfeksi besar kemungkinan akan mengalami sesak napas.

Hal ini merupakan lanjutan dari batuk parah yang dialami.

Sakit Kepala

Hal ini menjadi kondisi umum yang dialami ketika mengalami sakit kepala. Akan tetapi, sakit kepala yang dirasakan akan bersamaan dengan suhu tubuh yang tinggi karena demam menjadi satu di antara terinfeksi virus corona.

Masalah pencernaan

Beberapa pasien dengan COVID-19 mengalami gejala gastrointestinal, terutama diare sebagai tanda pertama penyakit ini. Gejala pencernaan mendadak terjadi pada orang dengan kemungkinan yang pernah memiliki kontak dengan pasien COVID-19.

Perlu diperhatikan, beberapa virus corona dapat menyebabkan gejala yang parah. Infeksi dapat berubah menjadi bronkitis dan pneumonia akibat virus corona.

Jika telah mengalami gejala tersebut, Anda harus melakukan pengecekan ke tenaga medis dan perlu untuk mengisolasi diri. Untuk orang yang terinfeksi virus corona memiliki risiko sebagai berikut:

  • 80 persen akan memiliki penyakit ringan dan sembuh total dalam beberapa minggu
  • 14 persen akan memiliki penyakit yang lebih parah
  • 6 persen akan memiliki penyakit kritis

 

3 dari 3 halaman

Tindakan Pertama

Anda bisa menghubungi layanan pesan singkat COVID19.GO.ID (+62 811 3339 9000). Selain itu, pemerintah juga mengimbau segera menghubungi call center 119 atau call center rumah sakit rujukan terdekat.

Sumber: Berbagai Sumber

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.